Bagi Anda yang sering bepergian, menggunakan berbagai moda transportasi mungkin bukan hal baru. Mulai dari transportasi darat, laut maupun udara.

Tapi bagi sebagian orang, pergi Umrah atau Haji dengan menggunakan pesawat terbang adalah suatu hal baru yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk Anda yang pertama kali naik pesawat terbang, mungkin akan kebingungan.

Bagaimana tata cara naik si burung besi ini?

Maklum, naik pesawat terbang akan sangat berbeda dengan naik kereta atau kapal laut. Dengan segala prosedur dan peraturan yang diterapkan, persiapan naik pesawat terbang tidak sama dengan moda transportasi lainnya.

Nah, untuk Anda yang belum pernah naik pesawat terbang bisa disimak tips-tips berikut ini supaya tidak gugup saat pertama mencobanya:

 

1. Datanglah dua jam sebelum keberangkatan

Jangan sampai datang mepet waktu, karena jika terlambat tidak ada ceritanya pesawat yang bakal Anda tumpangi menunggu kedatangan Anda. Jadi, biasakan datang ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawat Anda.

Jangan takut Anda akan bosan karena menunggu terlalu lama. Naik pesawat tidak seperti naik bus yang hanya duduk manis saat datang ke terminal. Banyak hal yang harus ditempuh saat Anda datang ke bandara, mulai dari pemeriksaan keamanan, check in, sampai berjalan ke ruang boarding yang lumayan memakan waktu. Bahkan mencari terminal keberangkatan sesuai nama maskapai pun bisa butuh waktu untuk yang baru pertama ke sana.

Banyak jama’ah umrah yang datang mepet waktu keberangkatan dan akhirnya terburu-buru. Bagi mereka yang ingin aman, bisa saja datang ke bandara tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan segera berkumpul dengan group keberangkatan.

 

2. Pemeriksaan Keamanan

Di bandara biasanya dilakukan pemeriksaan keamanan hingga dua kali. Saat masuk ke bandara untuk check in, Anda akan melewati metal detector dan diminta melepas semua logam dari tubuh Anda, mulai dari arloji, ponsel, dll.  Jangan nekat membawa barang berbahaya jika tidak mau berurusan dengan pihak berwajib.

Pemeriksaan keamanan yang kedua adalah ketika masuk ruang tunggu sebelum naik pesawat. Metal detector akan Anda lewati dan di sini fokus pada pemeriksaan benda cair yang Anda bawa. Jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin ya, karena bianya pihak keamanan akan mengambil bawaan Anda.

 

3. Check In

Check in merupakan prosedur resmi dimana pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data manifes penerbangan. Carilah loket check in sesuai nama maskapai Anda, kemudian antri dengan tertib. Di sini, Anda akan dimintai tiket atau print out tiket elektronik. Anda juga akan diminta tanda bukti identitas seperti KTP atau paspor bagi yang terbang ke luar negeri.

Barang yang Anda bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi, siap-siap membayar lebih jika ternyata bawaan Anda melebih kuota. Dalam proses check in, Anda akan diberikan boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat dan nomor tempat duduk. Setelahnya, Anda akan diminta membayar airport tax sesuai tarif yang berlaku. Beberapa maskapai tidak memberlakukan sistem ini, karena bayaran tersebut digabung dengan harga tiket saat membelinya.  Namun belakangan pihak Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementrian Perhubungan sepakat untuk melebur biaya airport tax ini dengan harga tiket pesawat.

 

4. Imigrasi

Buat Anda dengan tujuan luar negeri, tahapan selanjutnya adalah proses imigrasi. Di sini, data paspor Anda akan dicek oleh petugas melalui scan atau lembar data paspor biometrik digesek. Petugas imigrasi akan mencocokkan foto paspor dan wajah Anda, selanjutnya mereka akan memberikan cap stempel keberangkatan pada buku paspor Anda.

 

5. Boarding

Perhatikan boarding pass yang Anda dapatkan saat check in tadi. Di situ ada petunjuk ruang dan gate mana Anda harus menunggu pesawat. Perhatikan juga jam boarding dan jam terbang pesawat. Jika sudah, menunggulah di ruang boarding yang telah ditentukan.

 

6. Duduk di pesawat

Setelah menunggu, panggilan pesawat pun tiba. Anda dan penumpang lainnya yang menunggu di ruang boarding siap-siap mengantri naik ke pesawat. Penumpang kelas bisnis dan penumpang prioritas seperti manula, orang sakit, ibu hamil atau yang membawa anak-anak biasanya dipersilakan masuk lebih dulu.

Ada beberapa opsi bagaimana Anda masuk ke pesawat. Bisa dengan menggunakan garbarata/belalai, turun ke landasan kemudian naik tangga khusus, atau naik bus yang disediakan lebih dulu. Carilah tempat duduk Anda sesuai nomor pada boarding pass. Letakkan bawaan Anda di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi.

Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman, dan ini yang paling penting, segera matikan ponsel Anda ya. Duduk dengan tenang dan perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang diperagakan awak kabin.

Selamat bepergian!

 

sumber: pegipegi.com