Apa Itu Jet Lag?

Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang diakibatkan oleh perubahan siklus ritme tubuh yang biasanya disebabkan oleh perjalanan ke kota atau negara yang memiliki perbedaan waktu mencolok (misal dari timur ke barat maupun sebaliknya).

Hal ini biasanya mengakibatkan timbulnya berbagai gejala seperti: nyeri kepala, lesu, mengantuk, pola tidur tidak teratur, mual dan penurunan nafsu makan.

 

Tips Menghindari Jet Lag

1. Simulasikan jadwal baru Anda sebelum bepergian

Jika Anda bepergian ke timur, cobalah untuk mempercepat waktu tidur Anda. Sedangkan bila Anda bepergian ke barat, lakukan sebaliknya. Anda juga dapat menyesuaikan waktu makan Anda ke waktu makan pada tempat destinasi Anda. Lakukan hal ini beberapa hari sebelum Anda bepergian.

Pada prinsipnya, buat agenda kepergian sematang mungkin, termasuk konsekuensi dari perubahan waktu sikardian yang menyebabkan jet lag.

 

2. Cobalah beradaptasi dengan jadwal baru

Anda selama di pesawat Cobalah untuk tidur di dalam pesawat jika saat itu adalah malam hari di tempat destinasi Anda dan tetap terjaga saat di siang hari. Namun jangan juga memaksakan diri, cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin.

 

3. Minum air yang cukup

Minum air sebelum, selama dan sesudah perjalanan Anda untuk mencegah dehidrasi (kekurangan cairan). Karena jika Anda mengalami dehidrasi, gejala kekurangan air tubuh kian memperparah kondisi jet lag yang ada, seperti sakit kepala, lemas-lemas dan lainnya.

Hindari alkohol atau kafein beberapa jam sebelum Anda tidur. Karena kafein dan alkohol hanya akan membuat jam tidur’ Anda semakin terganggu.

 

4. Minimalisir gangguan

Gunakan penutup mata atau penutup telinga yang dapat membantu Anda tidur di pesawat. Padamkan juga lampu dan pencahayaan agar Anda dapat beristirahat dengan maksimal.
 

Sumber: sehatcantik.co.id