Desember, 31 Januari 2015

Tidak terasa, tahun 2016 sudah didepan mata. Bulan Desember 2015 akan berganti dalam hitungan kurang dari 24 jam lagi. Tentunya 2015 ini meninggalkan berbagai cerita, kenangan, juga pengalaman.

Setiap tahun baru, selalu ada semangat baru, agenda baru, dan tentunya hal-hal yang biasa dibuat di malam menjelang pergantian tahun. Resolusi adalah hal apa yang ingin kita capai di tahun yang baru ini, pastinya hal yang wajib untuk di catat dan di wujudkan.

Resolusi pada dasarnya adalah janji yang kita buat agar diri kita jadi orang yang lebih baik lagi. Resolusi tidaklah harus selalu muluk, yang penting dapat bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.

Berikut adalah 3 resolusi yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda…

1. Ikhlas

“Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162)

Ayat diatas menjelaskan bahwa apa yang kita miliki semua harus diberikan kepada Dzatyang memberikan, jadi sebenarnya apa yang kita miliki tidak sepenuhnya tidak dimiliki tetapi hanya sebagai hak kita untuk mengelola yang sewaktu-waktu akan diambil oleh Dzat pemilik sesungguhnya. Nah, dengan memahami konsep ini akan mendorong kita untuk lebih dapat melaksanakan ilmu ikhlas ini. Karena dengan merasa bahwa yang kita miliki adalah titipan, rasa egois untuk hak-hak kita yang dimiliki akan hilang.  Jadi yang pertama untuk menjadi manusia yang bermanfaat harus memiliki rasa ikhlas pada dirinya.

Berikan setiap rejeki yang diberikan, jangan pernah meminta kembali apa yang sudah diberikan, dan jangan pernah berharap ada ganti saat kita memberikan sesuatu milik kita.

2. Hormati Ibumu

Ridho Alloh tergantung oleh ridho Ibumu. Dalam Islam,  kedudukan ibu ada diatas segala-galanya. jadi apabila kita dapat menghormati ibu dengan baik, maka kita bisa lebih menghargai orang lain seperti kita menghargai ibu kita. Dengan menghormati ibu, kita belajar membangun kebiasaan kita untuk menghormati orang lain.

Dari  Abu Abdulrahman, Abdullah bin Mas’ud, ia menceritakan:

Aku pernah bertanya pada Rasulullah, tentang prbuatan apakah yang paling dicintai Allah? Jawab beliau : “yaitu shalat pada waktunya”. Aku bertanya lagi: Kemudian apa lagi? Jawab beliau: “berbuat baik kepada orang tua”. Aku bertanya lagi: Kemudian apa lagi? Beliau menjawab: “Jihat fisabilillah”. ( HR. Bukhori dan Muslim – Riyadhush Shalihin 3/315)

Jangan lupa untuk mengucapkan salam atau permisi saat lewat depan orang lain. Juga jangan lupa ucapkan terima kasih dan berikan senyuman sebagai tanda menghormati orang lain.

3. Banyak Menolong dan Bersedekah

Setelah kita memiliki rasa ikhlas dan pandai menghormati orang lain, selanjutnya kita bisa melakukan tindakan yang nyata untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Menolong baik dengan tindakan yang sederhana atau menolong dengan materi yang kita miliki.

Biasakan untuk memasukkan rejeki yang kita miliki saat kita pergi ke tempat ibadah. Tak lupa bantulah setiap orang yang merasa kesulitan dijalan, kantor, tempat umum atau dimanapun kita berada. Insya Allah, dengan memudahkan urusan orang lain, Allah SWT akan memudahkan urusan kita.

Nah, itu adalah 3 hal yang dapat menjadi insiprasi untuk resolusi 2016 anda. Semoga kita semua dapat menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Aamiin.

Jadi, apa Resolusi 2016 anda?

 

Sumber: disunting dari berbagai sumber.