Raja Saudi Salman Bin Abdul Aziz Hafidzahullah akan memberikan santunan kepada jamaah haji yang menjadi korban crane sebesaar Rp 3,8 milliar per orang. Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih atas bantuan itu.

“Alhamdulillah. Tentu berapapun nilai tentu jiwa manusia lebih tinggi,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjawab pertanyaan di Kementerian Pertanian, Jalan Ragunan Raya, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015)

“Tapi kita tetap berterima kasih atas santunan itu. Setidak-tidaknya untuk menenangkan keluarga dan anak-anak yang kehilangan orangtua,” sambungnya. Jumlah korban tewas calon jamaah haji Indonesia sebanyak 11 orang, sedang puluhan lainnya terluka.

Raja Saudi Salman Bin Abdul Aziz Hafidzahullah memerintahkan Pemerintah Arab untuk memberikan bantuan kepada korban kecelakaan crane di Masjdil Haram. Tidak hanya korban yang meninggal dunia, tapi juga korban yang mengalami luka akibat insiden tersebut.

Dikutip dari laman www.al-madina.com, Rabu (16/9/2015), bantuan berupa uang tunai terdiri dari tiga bentuk. Pertama, bantuan akan diberikan kepada setiap keluarga korban yang wafat dengan besaran SR 1.000.000 atau bila dirupiahkan berkisar Rp 3,8 miliar.

Bantuan kedua diberikan kepada jamaah yang mengalami cacat seumur hidup sebagai akibat dari kecelakaan yang terjadi 11 September 2015 siang waktu setempat. Besaran yang digelontorkan sebesar SR 1.000.000.

Bantuan uang tunai juga diberikan pemerintah Saudi kepada korban yang mengalami luka. Kisaran yang diberikan adalah sebesar SR 500.000 atau Rp 1,9 miliar.

Selain uang tunai, pemerintah Arab Saudi juga akan memberikan bantuan lainnya, yaitu menghajikan dua orang keluarga korban yang wafat di musim haji berikutnya. Atau musim haji 1437 Hijriah.

Pemerintah Arab Saudi juga memberikan keleluasaan untuk menyempurnakan haji di tahun berikutnya, khususnya bagi korban yang tidak bisa melaksanakan haji tahun ini.

Bagi keluarga korban yang akan mengunjungi sanak saudaranya yang masih dirawat di rumah sakit setempat, maka pemerintah Saudi akan memberikan visa kunjungan khusus, juga visa kepulangan ke negaranya.

sumber: http://news.detik.com/berita/3020448/jk-berterima-kasih-atas-santunan-korban-crane-rp-38-m-dari-raja-saudi

picsource: nasional.tempo.co