Istiqamah merupakan satu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun juga tidak menjadi hal yang sulit jika Anda memiliki niat yang kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin bagi sebagian orang istiqamah ini adalah salah satu hidayah yang diberikan oleh Allah SWT. Tetapi tidak mungkin hidayah ini datang jika Anda tidak menjemput hidayah tersebut.

Dalam melakukan ibadah dengan istiqamah tentunya membutuhkan kesabaran dan ketaatan yang ekstra. Karena akan banyak godaan yang menghampiri untuk meruntuhkan niat kita dalam istiqamah dalam beribadah.

Ada 7 hal yang bisa membantu Anda tetap istiqamah, diantaranya:

 

1.Memahami dan Mengamalkan Intisari Dua Kalimat Syahadat

Saat Anda mengucapkan dua kalimat syahadat, maka sebaiknya Anda memahami dengan baik makna kalimat yang Anda lafalkan. Karena dari dua kalimat syahadat itu Anda berikrar kepada Allah bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah dan Rasulullah SAW merupakan utusan-Nya. Sehingga Anda akan betul-betul tidak akann menyekutukan Allah dan taat kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengikuti ajaran yang di bawa.

2. Memperbanyak Membaca Al-Quran

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِنْ رَبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُوا وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

Katakanlah: “ Malaikat Jibril menurunkan Al Qur’an itu dari Rabbmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (QS. An Nahl: 102)

Dalam ayat tersebut Allah SWT menyebutkan, bahwa salah satu alasan kitab suci umat Islam ini diturunkan ialah untuk meneguhkan keimanan orang-orang yang sudah beriman serta menjadi petunjuk bagi mereka.

3. Memulai amal-amal sederhana

Dengan Anda memulai amal-amal yang sederhana namun dilakukan dengan rutin, hal ini juga akan membantu Anda untuk beristiqamah. Amal-amalan sederhana diantaranya seperti membantu teman, shalat sunah, berinfaq, dll.

4. Bermanfaat Bagi Sesama

Amal shalih yang dilakukan sebaikmya tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga ketika bisa dirasakan oleh orang lain hal itu akan menjadi lebih bermanfaat. Membantu saudara atau tetangga yang sedang membutuhkan akan mempererat tali silaturahim. Dan akan memberikan dampak positif juga terhadap kita. Karena apa yang kita tanam maka hal tersebut yang kita tuai.

5. Meyakini Adanya Balasan di Akhirat

Jika Anda meyakini adanya balasan di akhirat, maka Anda akan semakin berhati-hati dalam bertindak dan berucap. Sehingga hal tersebut juga akan membantu Anda untuk beristiqamah.

6. Memiliki Kawan selama Kebaikan

Ketika Anda ingin beribadah dengan istiqamah, tentu membutuhkan teman yang mengajak Anda dan bisa membantu Anda dalam beribadah dengan istiqamah. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Al-Quran:

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119).

7. Perbanyak berdoa kepada Allah SWT

Dalam menggapai ridha Allah tentunya Allah akan membantu hambanya yang ingin terus mendekatkan diri dan memperbaiki diri. Dengan demikian berdoalah dan memohon kepada-Nya agar niat istiqamah kepada-Nya bisa dilakukan dengan taqwa.

Itulah 7 hal yang semoga bisa membantu Anda dan kita semua untuk bisa lebih beristiqamah dalam beribadah. Insya Allah niat baik kepada Allah akan selalu dibantu oleh sang pencipta. Amin

http://nettik.net/8-tips-dan-alasan-agar-menjadi-pribadi-yang-istiqomah/