Sahabat Hannien, Tahukah Anda? Saat ini dalam pembuatan paspor bisa dilakukan dalam dua cara. Bisa langsung datang ke kantornya dan mengurusi langsung, atau secara online untuk melakukan pengisian dokumen di awal.

Bagi Anda yang kesulitan memiliki waktu luang karena memiliki kesibukan Anda dalam beraktivitas, cara online bisa sebagai solusi untuk memudahkan Anda.

Dengan online, Anda bisa mengakses ke www.imigrasi.go.id dan mengisi dan melengkapi data diri. Setelah Anda melengkapi data diri, Anda menunggu konfirmasi sehingga mendapat lembar konfirmasi dan lembar untuk pembayaran. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran ke Teller Bank atau ke Bank Negara Indonesia (BNI).

Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa melakukan konfirmasi melalui url yang sudah diinformasikan saat menenerima lembar konfirmasi. Dan selanjutnya Anda bisa langsung datang ke kantor imigrasi untuk melakukan proses verifikasi data dan sidik jari serta mendapatkan bukti pengambilan paspor.

Selanjutnya, Anda melakukan kedatangan kedua kalinya untuk menyerahkan bukti pembayaran dan Anda sudah bisa mendapatkan paspor.

Jika Anda yang ingin langsung datang ke kantor imigrasi, Anda cukup dengan meminta berkas permohonan dan menyerahkan berkas untuk diverifikasi data dan sidik jari serta mendapatkan bukti pengambilan paspor. Setelah itu Anda melakukan pembayaran dan bisa melanjutkan kedatangan kedua sama seperti di atas.

Simak gambar di bawah mungkin bisa membantu Anda dalam memahami pembuatan paspor:

a. Online

 

B. Datang Langsung