Shalat Tahajud merupakan shala sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Shalat ini sangat baik dilakukan pada sepertiga malam terakhir yang di mana waktu tersebut merupakan waktu malaikat saat turun ke Bumi.

Pada sepertiga malam itu juga waktu-waktu di mana doa kita sebagai Hamba – Nya bisa terkabul. Selain itu tahajud juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Diantaranya:

1.Mengobati Diabetes

Berdasarkan beberapa penelitian dikatakan bahwa Sholat Tahajud tersebut membuat kandungan kortisol menjadi rendah. Kortisol memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara merangsang metabolisme karbohidrat. Apabila kortisol ini bertambah maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan menjadi lebih.

2.  Mencegah Pembengkakan Jantung

Sholat Tahajud dianjurkan bagi mereka yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal karena dapat mereduksi kortisol. Ketika kortisol ini tereduksi, maka tidak akan terjadi pembengkakan dan pembuangan urine pun akan semakin mudah.

3. Mencegah Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Sholat Tahajud ternyata juga penting bagi peredarah darah di otak manusia. Pada waktu sepertiga malam tersebut otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Dengan lepasnya ketiga zat tersebut maka akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

4. Mengontrol Emosi

Kortisol yang tidak menurun dapat merangsang depresi yang berlebihan. Maka dari itu dianjurkan untuk Sholat Tahajud karena waktu ini kortisol akan menurun membuat seseorang menjadi lebih tenang. Dengan ketenangan tersebut maka diri kita tidak akan mudah terbebani dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan.

5. Kemoterapi Kanker Tanpa ada Efek Samping

Mengidap penyakit kanker kadang menjadi momok yang menakutkan pagi pengidapnya. Tetapi, sebagian di antara kita ternyata mengidap penyakit kanker dan harus menjalani serangkaian pengobatan salah satunya kemoterapi.

Itulah manfaat yang bisa membantu mengobati beberapa penyakit. Semoga bisa memacu semua sahabat Hannien untuk Shalat Tahajud.

(sumber: http://www.dream.co.id)