Dalam beribadah kepada sang pencipta, bukan hanya ibadah wajib yang dilakukan. Tetapi ada ibadah sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW salah satunya adalah puasa senin kamis. Setiap ibadah yang dilakukan tentunya akan ada manfaat yang berdampak bagi hambanya. Baik manfaat secara jasmani maupun secara rohani.

Puasa senin kamis ini sangat dianjurkan bagi umat islam, karena memiliki keistimewaan tersendiri juga, yaitu setiap amal dan perbuatan manusia akan diperiksan pada setiap hari senin dan kamis oleh malaikat yang mencatat amal-amalan kita. Seperti sabda Rasulullah SAW: “Segala amal dan perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh Malaikat, karena itu aku senang ketika amal dan perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa” , (HR. Tirmidzi).

Manfaat yang bisa didapatkan oleh hamba-Nya yang melakukan puasa Senin dan Kamis diantaranya adalah:

1. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Organ pencernaan manusia bisa diibaratkan seperti mesin yang mengolah makanan yang ada kalanya membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dengan baik kembali. Dengan berpuasa Senin dan Kamis memberikan waktu istirahat kepada organ pencernaan. Sehingga membuat tubuh bisa menjadi lebih sehat karena metabolisme yang baik

2. Menurunkan Kadar Lemak

Setiap tubuh manusia memiliki lemak dan tentunya juga dibutuhkan sebagai cadangan energi manusia. Namun, lemak yang berlebih bukan menjadi hal yang baik justru sebaliknya. Dengan demikian dengan berpuasa pada Senin dan Kamis ini bisa mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

Lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menyebabkan kemunculan beberapa penyakit seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

3. Meregenerasi Sel-sel kulit

Dengan Anda melakukan puasa Senin dan Kamis, sel-sel dalam tubuh akan teregenerasi secara teratur. Sehingga akan terjadinya peremajaan sel yang bisa membuat kulit akan menjadi tampak lebih segar. Oleh karena itu, bisa membuat wajah Anda bisa tampak lebih sehat dan segar.

Itulah manfaat dan keistimewaan dari Puasa Senin dan Kamis. Secara jasmani lebih sehat dan tentunya juga bisa memperbanyak amalan Anda. Semoga semakin termotivasi untuk bisa berpuasa Senin dan Kamis ya Sahabat Hannien!

Gambar: google.com

(sumber: http://www.idzsn.com/keutamaan-puasa-senin-kamis-niat-dan-manfaatnya/)