Manusia memang tidak luput dari yang namanya dosa. Kekhilafan itu bisa saja terjadi, tetapi ada beberapa perbuatan yang sangat dibenci Allah dan merupakan dosa besar.

Beberapa dosa besar itu diantaranya, yaitu:

1.Musyrik

Musyrik tidak akan diampuni oleh Allah SWT seperti pada QS. An-Nisa:48 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang dibawahnya bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia berbuat dosa yang besar”.

2.Murtad

Orang yang murtad sudah dipastikan menjadi penghuni neraka kekal, seperti pada Q.S Al-Baqarah: 217, “Barang siapa diantara kalian yang murtad dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka meeka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya”.

3.Durhaka Kepada Orang Tua

Orang tua adalah orang yang melahirkan kita, mendidik kita, yang menjaga dan mengurus kita dari kecil. Penuh kesabaran dan ketelatenan dalam menjaga kita dari yang lemah hingga bisa menjadi kuat, dari yang tidak tahu apa-apa sampai bisa mengenal banyak hal. Dnegan demikian taat kepada orang tua merupakan sebuah keharusan. Ketika kita durhaka kepada Allah maka itu adalah suatu dosa besar. Karena dalam sebuah hadist riwayat Tirmidzi menceritakan bahwa Ridhanya Allah merupakan ridhanya orang tua dan murkanya Allah merupakan murkanya orang tua.

4. Berzina

Berzina adalah bercampurnya antara laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan pernikahan. Dalam Q.S Al-Isra “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”.

5. Membunuh

Islam sangat menjaga kehormatan, nyawa dan agama. Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW bersabda: “Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa saya (Rasulullah Shalallahu’alaihi wassallam) adalah utusan Allah kecuali dengan tiga sebab: orang tua yang berzina, membunuh orang lain (dengan sengaja), dan meninggalkan agamanya berpisah dari jamaahnya”

 

Itulah beberapa dosa besar yang wajib kita hindari, agar kita tetap bisa menjadi hamba Allah berjalan sesuai dengan anjuran umat muslim.