Surat Al-fatihah yang memiliki arti pembuka ini menjadi surat yang juga menjadi pembuka disetiap kegiatan. Surat ini juga wajib dilafalkan pada setiap Anda salat. Dengan demikian selama sehari minimal umat muslim akan membaca surat Al-fatihah sebanyak 17 kali dalam sehari.

Namun, tahukah Anda bahwa surat Al-fatihah memiliki kelebihan tersendiri. Diantaranya, yaitu :

Surat Al-Fatihah merupakan surat yang paling utama di dalam Al-quran. Menurut Rasulullah SAW melalui Abu Hurairah “ Alhamdullilahi rabbil ‘alamin adalah Umm Al-Quran, Ummul Kitab, as-Sab’ul Matsani, al-Quran al’Azhim, ash-Shalat, as-Syifa dan asy-Syifa dan ar-Ruqyah (HR Tirmidzi).

Dibebaskan dari Api Neraka

Malaikat Jibril berkata kepada nabi Muhammad SAW, “Wahai utusan Allah, aku khawatir adzab Allah akan menimpa umatmu. “Namun ketika surat Al-Fatihah diturunkan rasa khawatirku pun menyusul hilang, karena ternyata Allah tidak akan menyiksa mereka.”

Kemudian dengan rasa penasaran Nabi Muhammad Saw bertanya kepada Jibril, “Mengapa demlkian wahai Jibril, tanya nabi pada Jibril. Lantas, Jibril pun menjawab pertanyaan nabi tersebut, “Karena Allah ta’ala berjanji akan memberl ampunan kepada orang yang berdosa dan menjanjlkan neraka jahanam kepada orang yang tidak mau bertobat, akan tetapi Al-Fatihah memilik: tujuh ayat yang apablla dibaca satu ayat akan menutup satu pintu neraka jahanam yang mana pintunya berjumlah tujuh pula, sehingga umatmu akan selamat dari neraka jahanam apabila membaca Al-Fatlhah.” (Tafsir Hanafi).

Surat Al-Fatihah Lebih Berat dari Seluruh Isi Alquran Lainnya

Dalam sutu riwayat, Rasulullah SAW bersabda, “Jikalau AI-Fatihah dan seluruh isi AIquran lainnya diletakkan dalam satu timbangan niscaya Al-Fatihah lah yang lebih berat dari keseluruhannya tujuh kali lipat.” (HR. Abi Darda)

 

(Sumber: pekannews.com)