Dalam kehidupan sehari-hari jika kita sadari, perlu banyak kehati-hatian dalam memilih atau bertindak sesuatu khususnya dalam bertransaksi. Karena jika Anda perhatikan, ada beberapa hal yang tanpa kita pahami transaksi yang kita lakukan bisa mengandung riba. Padahal sudah jelas bahwa riba itu sangat dilarang oleh ajaran agama islam.

Oleh karena itu, sudah tidak sedikit juga kampanye anti riba agar umat muslim bisa menjauhi hal-hal yang berkaitan dengan riba dan sebaiknya segera melakukan transaksi baik jual beli produk atau jasa, ataupun pinjaman yang bisa sesuai dengan syariat islam.

Bagi mereka-mereka yang masih menjalankan kehidupan sehari-harinya terkait dengan riba, maka ada beberapa ganjaran yang akan di dapat. Diantaranya:

1. Pemakan riba akan seperti orang yang kesurupan syaitan pada hari kiamat.

Orang-orang yang senang dengan riba pada saat kiamat tidak bisa berdiri karena penyakit gilanya.

Sebelumnya sudah dijelaskan pada Ayat Al-Baqarah ayat 275:  “Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba“.

2. Allah telah mengancam kepada pelaku riba sebagai penghuni neraka yang kekal.

Orang yang melakukan riba dan tidak bertaubat, maka Allah mengancam bahwa mereka akan kekal neraka. Dalam surat Al-baqarah juga masih dijelaskan pada ayat 275 (sambungan ayat di atas)  “Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil atau memakan riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan), dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil atau memakan riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya“.

3. Harta dari riba bisa menghalangi keberkahan

Allah akan menghilangkan dan mengahapuskan keberkahan pada harta riba, sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah ayat 276:

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa“.

 

(sumber: catatanmuslimah.com)