Ibadah Haji dan Ibadah Umrah merupakan ibadah yang sama-sama dilakukan di Tanah Suci. Namun, ada beberapa perbedaan dari kedua ibadah tersebut. Bagi Sahabat Hannien yang belum mengetahui dari kedua ibadah tersebut, berikut penjelasan dari perbedaan Ibadah Haji dan Ibadah Umrah.

Pertama, dari waktu ibadah yang dilakukan antara ibadah haji dan ibadah umrah sudah sangat jelas berbeda. Ibadah haji hanya dapat dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu pada pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu saat wuquf di Arafah, karena ibadah haji pada hakikatnya adalah wuquf di Arafah. Selain hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun ibadah haji Pengertian dan Perbedaan Haji dan Umrohjuga memerlukan waktu pelaksanaan yang lebih lama dan juga menggunakan tenaga yang lebih banyak untuk menjalaninya. Sedangkan ibadah umrah tidak terbatas atau dapat dilakukan disetiap hari kecuali jika waktu pelaksanaan haji maka hanya ibadah haji yang bisa berlangsung.

Kedua, ritual ibadah untuk Haji dan Umrah juga berbeda. Saat ibadah haji terdapat beberapa ibadah yang wajib dilakukan, namun tidak dilakukan saat umrah. Seperti wukuf di arafah, singgah di muzdalifah, melempar jumrah.

Ketiga, miqat yang dilakukan saat Umrah dilaksanakan di Tanah Halal sedangkan Haji di Tanah Haram.

Keempat, dalam melakukan ibadah haji bisa memakan waktu 4 hari sedangkan ibadah umrah bisa cukup dengan 3-4 jam. Dengan demikian kekuatan fisik saat ibadah haji juga akan lebih ekstra dibanding dengan ibadah.

Dari keempat hal tersebut menjelaskan bahwa Ibadah Umrah itu merupakan sama dengan Haji kecil. Ibadah umrah dilakukan oleh banyak orang karena waktu tunggu ibadah haji yang cukup lama, sehingga selama menunggu haji, umrah merupakan pilihan bagi Anda yang sudah rindu atau sangat ingin pergi ibadah ke Tanah Suci.