Islam merupakan agama yang sempurna dengan mengajarkan kepada umatnya untuk memiliki akhlak yang terpuji. Turunnya Al-Quran yang merupakan firman Allah, membantu manusia sebagai petunjuk hidup di dunia untuk bekal nanti di alam akhirat yang kekal.

Salah satu yang menjadi pembahasan di dalam Al-Quran adalah untuk menyayangi anak yatim. Selain firman Allah, dalam hadits juga banyak dijumpai pembahasan untuk peduli terhadap anak yatim.

عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.”

Hadits diatas menyatakan bahwa Rasulullah di surga nanti akan begitu sangat dekat dengan orang yang peduli dan menyantuni anak yatim seperti jari telunjuk dan jari tengah. Dengan demikian Rasulullah mengajak umat islam agar menyayangi dan menyantuni anak yatim agar bisa berdampingan saat di surga kelak.

 

sumber gambar: google.com