Nikmat sehat adalah hal yang terkadang tidak terasa saat Anda sedang sehat. Tapi sangat Anda rasakan ketika Anda sedang sakit. Oleh karena itu, kesehatan sangat penting untuk Anda jaga. Sebenarnya Rasulullah SAW telah mencotohkan kepada umatnya untuk hidup sehat dengan beberapa cara.

1. Makan dan Minum Dengan Duduk

Secara media sistem pencernaa berbeda saat kita makan dan minum dalam kondisi duduk dengan kondisi berdiri. Ketika pencernaan makanan telah siap menerima maka tidak ada paksaan agar sistem pencernaan tersebut bekerja secara keras.
 

Berbeda bila makan dan minum dilakukan secara berdiri maka katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingganya ketika makanan atau minuman datang maka system pencernaan akan bekerja keras untuk mencernanya dan bila hal itu tarus berlangsung lama-kelamaan system pencernaan menjadi lemah sehingga kemudian menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan pada seseorang.

 

2. Rajin Menjalankan Puasa

Rasulullah selama hidupnya sering melakukan puasa sunnah. Jadi tidak hanya melakukan puasa wajib saat bulan ramadhan saja. Tetapi juga rajin puasa senin kamis salah satunya. Dengan puasa, fungsi organ tubuh akan menjadi lebih rileks dan lebih tenang. Sehingga bisa berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Perlu diketahui ternyata hasil penelitian medis, tangan kanan yang bergerak pada waktu makan syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif. Hal ini berfungsi untuk melatih dan menjaga otak kiri menghasilkan pikiran yang tetap fokus dan selalu aktif.

4. Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

Selain, mengkonsumsi makanan yang halalan toyyiban atau makan yang halal dan baik, Rasulullah telah memberikan teladan untuk hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti sebelum perut kenyang. Dengan demikian bisa membuat orang tidak makan terlalu banyak. Sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol.

5. Waktu Istirahat Yang Cukup

Nabi Muhammad SAW selalu membagi waktu menjadi 3 bagian, dimana 1/3 waktu dipergunakan untuk bekerja urusan dunia, kemudian 1/3 lagi digunakan untuk urusan akhirat (beribadah) dan 1/3 terakhir digunakan untuk beristirahat.

 

Dalam kajian medis tubuh membutuhkan waktu istirahat sebanyak 8 jam dalam sehari dan hal tersebut tentunya berasal dari 1/3 waktu beristirahat yang diterapkan oleh Rasulullah saw dalam keseharinya.

 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ala Rasulullah. Semoga bermanfaat dan memberikan semangat bagi kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

 

(sumber: http://www.caramedis.com/muslim-inilah-5-cara-hidup-sehat-ala-rasulullah-dan-terbukti-ampuh/)