Allah memiliki 99 nama yang perlu kita ketahui dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Ar-Rafiq, artinya Yang Maha lembut, Maha baik, Maha menyertai. Nama tersebut di dari kata al-rifqu, yaitu pelan-pelan dan berangsur-angsur dalam urusannya. Lawannya adalah al-‘unfu (keras), melakukan sesuatu dengan kasar dan buru-buru.

Penafsiran Asma’ Allah ini terdapat dalam sabda Rasulullah SAW:

إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لَا يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ

“Sesungguhnya Allah Mahalembut, menyukai orang yang lembut. Dan sesungguhnya Allah memberikan kepada kelembutan apa yang tidak diberikannya kepada sikap kasar.” (HR. Muslim)
 

Dalam sebuah pembahasan dijelaskan “tidaklah kelembutan pada diri seseorang kecuali sikap lemah lembut tersebut menghiasi diri seorang muslim dan tidaklah sikap lemah lembut dicabut pada diri seorang muslim kecuali akan memperjelek / memperburuk orang muslim itu sendiri.

Dengan kita berlemah lembut maka banyak hal yang akan bisa kita dapatkan. Diantaranya yang pertama dan yang pasti Allah akan sayang kepada hamba yang berlemah lembut. Orang-orang disekeliling kita juga akan menghargai sikap lemah lembut Anda.

Maka berlemah lembutlah, sesungguhnya Allah menyukai kelemahlembutan.

 

(sumber gambar: google)