Dilansir dari hajiumrahnews.com bahwa pembangunan masjidil haram saat ini sudah mulai terlihat sedikit demi sedikit terselesaikan dengan baik. Proyek tersebut diperkirakan sudah 95% selesai. Menurut Sultan Al-Qurashi, selaku Direktur Proyek Perluasan Masjidil Haram beliau mengatakan bahwa akan bisa selesai dalam waktu tiga tahun ke depan.

Proyek perluasan ini diantaranya yang pertama adalah pembangunan jalur antara Safa menuju gerbang Al Fatah (Pintu I). Lalu yang kedua, pembangunan jalur Al-Fatan menuju gerbang Al-Umrah, dan ketiga, menuntaskan perluasan proyek pembangunan ‘Raja Fahd’ berupa perluasan tempat Sa’i, Al – Safa (Al – Arabiyya, 3/1).

Untuk perluasan area tawaf (mataf) sudah selesai. Saat ini area tawaf sudah bisa menampung 105 ribu orang per jam. Dengan demikian, para jamaah sudah bisa lebih leluasa untuk melakukan tawaf. Selain itu, suasana juga semakin nyaman karena saat ini suda tersedia lampu, kipas angin, dan alat pengeras suara yang baru.

Namun,ada rencana juga diarea antara sisi timur mataf dan lantai dasar masjidil haram akan dihubungkan dengan sebuah jembatan yang akan berlokasi di lantai 1 masjidil haram. Saran ini akan digunakan untuk mempermudah para jamaah penyandang disabilitas. Disisi lain juga akan dibangun jalan baru untuk pejalan kaki yang mengarah ke Arafah. Rencananya proyek ini akan diselesaikan sebelum datangnya musim haji tahun 2017.