Mungkin bagi beberapa orang masih awam dengan istilah mudharobah. Secara istilah mudharobah merupakan bagi hasil yang mana hal ini adalah salah satu dasar prinsip ekonomi syariah.

Mudharabah adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (pemilik dana) menyediakan seluruh dana, sedangkan pihak kedua (pengelola dana) bertindak selaku pengelola, dan keuntungan dibagi diantara mereka sesuai kesepakatan sedangkan kerugian finansial hanya ditanggung oleh pemilik dana.

Mudharabah juga memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Mudharabah muthlaqah 

Mudharabah muthlaqah adalah mudharabah dimana pemilik dana memberikan kebebasan kepada pengelola dana dalam pengelolaan investasinya.

Mudharabah muqayyadah 

Mudharabah muqayyadah adalah mudharabah dimana pemilik dana memberikan batasan kepada pengelola dana, antara lain mengenai tempat, cara dan atau obyek investasi.

Dalam mudharabah muqayadah, contoh batasan antara lain:

  1. tidak mencampurkan dana pemilik dana dengan dana lainnya;
  2. tidak menginvestasikan dananya pada transaksi penjualan cicilan, tanpa penjamin, atau tanpa jaminan; atau
  3. mengharuskan pengelola dana untuk melakukan investasi sendiri tanpa melalui pihak ketiga.

Pada prinsipnya dalam penyaluran mudharabah tidak ada jaminan, namun agar pengelola dana tidak melakukan penyimpangan maka pemilik dana dapat meminta jaminan dari pengelola dana atau pihak ketiga.

Jaminan ini hanya dapat dicairkan apabila pengelola dana terbukti melakukan pelanggaran terhadap hal-hal yang telah disepakati bersama dalam akad.

Mudharabah musytarakah

Mudharabah musytarakah adalah bentuk mudharabah dimana pengelola dana menyertakan modal atau dananya dalam kerjasama investasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Mudharabah. Semoga informasi ini bisa menambah ilmu kita dalam menjalankan ekonomi syariah. Dengan begitu, perlahan-lahan kita menjauhi riba dan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan islam.

Menjalankan kehidupan sesuai panduan aturan membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan hidup bisa selalu dalam keridhaan-Nya. Amin

 

Sumber foto : google

( http://www.ilmuekonomi.net/2015/12/pengertian-mudharobah-dan-bagi-hasil.html )