Sahabat Hannien, mungkin beberapa dari Anda terkadang masih merasa sayang ketika beramal dengan jumlah yang banyak. Padahal, tahukah Anda? Dengan bersedekah justru menambah tabungan amal Anda di akhirat nanti. Bukan hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bersedekah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bersedekah.

1. Menunjukan ketaqwaan Anda kepada Sang Pencipta.

Taqwa secara harfiah bisa diartikan dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Bersedekah adalah salah satu ajaran yang diperintahkan oleh Allah swt. Dengan banyak bersedekah Anda mencoba mendekatkan diri terus kepada Allah SWT dengan cara bersedekah.

2. Menghalangi Bencana

Dengan Anda banyak bersedekah maka bisa membantu Anda dalam menolak bencana. Seperti dalam hadits, Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan: “Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut…”

3. Menambah rezeki

Mengeluarkan sebagian rezeki Anda atau bersedekah kepada orang lain justru bisa membuka pintu rezeki Anda. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi).

4. Menyembuhkan penyakit

Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani). Berdoalah kepada Allah dan bantu dengan bersedekah. Insya Allah dengan ridha Allah penyakit bisa disembuhkan dengan izin Allah.

5. Memberi Rasa Bahagia

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013, ditemukan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stres. Selain itu, dalam bukunya, Allan Luks mengatakan bahwa dengan menolong orang lain akan meringankan rasa sakit kita sendiri, mengurangi stres, dan memberi rasa bahagia.

Begitu juga dengan bersedekah, yang bertujuan untuk membantu orang lain akan bisa memberikan rasa bahagia bagi diri sendiri.

Dengan demikian beberapa poin diatas bisa membuat Anda lebih semangat dalam bersedekah dan bisa saling membantu dengan lebih ikhlas.