Terkadang bagi setiap orang pernah merasakan malas. Malas merupakan satu perasaan enggan dalam melakukan sesuatu dalam satu waktu. Rasa malas ini bisa muncul karena beberapa faktor atau bisa jadi menjadi sebuah kebiasaan buruk bagi seseorang karena sering mengabaikan sesuatu yang seharusnya dilakukan.

Malas juga bisa dibagi ke dalam beberapa hal, seperti tidak disiplin, menunda-nunda pekerjaan, menolak pekerjaan dan yang bahayanya adalah malas dengan ibadah seperti lalai dari shalat, malas membaca Al-quran dll. Tentunya, hal ini akan berdampak buruk baik di saat ini maupun di masa depan karena kemalasan yang dibiarkan akan menjadi kebiasaan dan gaya hidup yang tidak baik.

Faktor-faktor yang membuat diri menjadi malas diantaranya, yaitu:

Pertama, rasa malas muncul karena kita sedang asik dengan satu hal seperti menonton film atau bermain gadget. Sampai enggan untuk melakukan apapun dan fokus dengan hal tersebut.

Kedua, belum adanya niat dan komitmen dari diri yang kuat. Hal itu akan memudahkan rasa malas datang dan menjadi tidak disiplin terhadap kegiatan yang harusnya kita lakukan.

Ketiga, pergaulan juga bisa mempengaruhi diri terhadap rasa malas. Jika Anda memiliki teman yang malas dan juga lalai dalam beribadah membuat Anda terbawa dengan kesibukan serta kemalasan yang bisa membawa dampak buruk bagi Anda.

Dengan demikian, Anda perlu mengusir rasa malas itu. Berikut beberapa cara untuk menghindari rasa malas.

1. Menghargai Waktu

Hal yang paling tidak pernah kita bisa beli adalah waktu. Ketika waktu sudah berjalan, Anda tidak bisa menariknya kembali atau ingin mengulang ke beberapa menit yang sudah Anda lewatkan . Dengan Anda telah menyadari betapa berharganya waktu, tentu sangat merugi jika Anda membiarkan waktu tanpa melakukan kegiatan yang positif. Dalam Al Quran  Allah SWT berfirman yang artinya: "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar - benar berada dalam kerugian, kecuali orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta'ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran" (QS. Al-Ashr: 1-3).

2. Memilih Pergaulan

Berteman memang boleh dengan siapa saja, tetapi Anda perlu memilih orang-orang yang bisa menjadi teman karena hal ini akan bisa memengaruhi ke dalam kehidupan pribadi Anda. Jika Anda berteman yang memiliki kegiatan dan semangat positif maka bisa menular pada Anda. Begitu juga sebaliknya, jika Anda justru lebih memilih berteman dengan yang malas, bisa jadi hal itu mempengaruhi kepada kebiasaan Anda.

3. Berdoa Kepada Allah

Usaha tanpa doa rasanya tidak lengkap. Bukan berarti doa hanya sebagai pelengkap. Tetapi ketika apapun yang Anda lakukan dalam jalur positif diiringi dengan doa, hal itu akan lebih ampuh dan disegerakan dari apa yang Anda inginkan. Berdoalah kepada sang maha pencipta untuk dihindarkan dari godaan syaitan yang mempengaruhi Anda bermalas-malasan.

Begitu beberapa cara dan penjelasan untuk menghindari malas. Semoga Anda dan kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, penuh semangat dan dihindarkan dari godaan malas.

 

sumber foto: google