Setiap Umat muslim tentunya menginginkan untuk bisa berangkat Ibadah Umrah atau Haji ke tanah suci. Namun, mungkin beberapa dari Anda sempat mempertanyakan mengenai lebih baik Haji atau Umrah lebih dahulu.

Niat ibadah haji lebih dahulu atau Umrah lebih dahulu tidak ada yang berdosa untuk melakukan yang mana lebih dulu dilakukan. Hanya saja, jika melihat kondisi waktu tunggu di Indonesia yang membuat Anda akan sangat lama berangkat ibadah ke tanah suci sehingga umrah menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengobai kerinduan berangkat ke tanah suci.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu pernah melakukan umrah tiga kali sebelum berhaji. Ibnu ‘Abdil Barr berkata bahwa hadits ini bersambung dilihat dari sanad lainnya dan hadits tersebut shahih. Masalah bolehnya umrah sebelum haji bagi siapa yang berkeinginan adalah hal yang disepakati oleh ulama.

Juga terdapat riwayat shahih bahwa ‘Ikrimah bin Kholid pernah bertanya pada Ibnu ‘Umar mengenai umrah sebelum haji. Ibnu ‘Umar berkata bahwa seperti itu tidaklah masalah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu pernah berumrah sebelum haji. Imam Ahmad dan Ibnu Khuzaimah juga mengatakan tidak mengapa berumrah sebelum haji. Demikian perkataan Ibnu ‘Abdil Barr.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa Anda pilih. Semua tergantung kembali pada niat Anda. Semoga niat baik akan selalu diliputi keberkahan. Amin.

 

[Sumber: Islamweb.net]