Menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban dari setiap orang. Dari mulai lahir sampai di akhir hayat kita menuntut ilmu merupakan hal yang paling utama. Karena menuntut ilmu bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan apa saja yang ingin kita pelajari.

Sebuah hadits dari Ibnu Majah mengatakan :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ .

“Menuntut ilmu wajib bagi setiap Muslim.”

Apalagi dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi saat ini, menjadikan kita semua semakin instan untuk mendapatkan ilmu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencari dan menuntut ilmu.

Tentunya dalam menuntut ilmu ada manfaat yang bisa kita ambil, yaitu:

  1. Allah memudahkan jalan orang ke surga bagi penuntut ilmu. Dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah,  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dan barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya”. (HR. Muslim).
  2. Ilmu adalah amalan yang tidak akan putus pahalanya. Seperti dalam hadits: ”jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqah jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhari dan Muslim)
  3. Malaikat akan membentangkan sayap terhadap penuntut ilmu,”Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya,” (HR. Ahmad dan Ibnu majah).

Itulah keutamaan dalam menuntut ilmu, ada pepatah mengatakan bahwa jika tidak sanggup menahan lelah karena belajar, maka harus menahan derita karena kebodohan. Semoga semakin semangat dalam menuntu ilmu ya, Sahabat Hannien.