Islam adalah agama yang selalu mengajarkan kedamaian dan saling menyayangi kepada sesamanya. Hal ini tercantum dalam kitab suci Al-Quran, Allah befirman:

“Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imran: 159).

Dalam firman Allah diatas dimaksudkan kepada sesama untuk berlaku lemah lembut ke sesama untuk saling menyayangi. Dan sebuah hadits juga menunjukan bahwa Rasulullah SAW juga memberikan contoh kepada umatnya untuk saling menyayangi.

Tidak beriman seorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sampai ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa sesama muslim itu adalah saudara satu tubuh yang bisa saling berempati.

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam kasih-mengasihinya, sayang-menyayanginya, dan santun-menyantuninya, bagaikan satu tubuh (kal jasadil wahid) yang jika satu anggotanya menderita sakit maka menderita pula keseluruhan tubuh..." (H.R. Muslim)”.

Maka dari itu, marilah kita menjadi seorang muslim yang saling menyayangi dan saling mengasihi. Dalam sebuah cerita, Rasulullah mengajarkan pada umatnya untuk menyayangi semua orang sekalipun orang itu membeci kita. 

 

sumber gambar: google