Dalam bertransaksi saat ini sudah banyak penyedia layanan yang menawarkan dengan berbagai promosi dan keuntungan yang di dapat. Namun kita sebagai umat muslim tentunya perlu bukan memilih yang aman saja namun juga bisa sesuai dengan syariat islam.

Salah satu contohnya adalah Hannien Tour memberikan kemudahan bertransaksi kepada calon jamaah umrah dalam melakukan pembayaran menggunakan Virtual Account dengan berbasis Bank Syariah. Hannien Tour bukan hanya melihat dari segi keamanan saja, tapi kehalalan dan keberkahan dalam bertransaksi wajib dipertimbangkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengapa perlu bertransaksi menggunakan Bank Syariah. Pertama, jika dilihat dari segi akad. Bila menggunakan Bank Syariah akad yang dilakukan juga melihat kehalalan dari segi barang yang ditransaksikan, pelakunya dan ketentuan biaya juga yang harus memenuhi rukun dan syariat islam, seperti:

  • Barang dan jasa harus halal sehingga transaksi atas barang dan jasa yang haram menjadi batal karena hukum syariah.
  • Harga barang dan jasa harus jelas
  • Tempat penyerahan harus jelas karena akan berdampak pada biaya transportasi
  • Barang yang di transaksikan harus sepenuhnya dalam kepemilikan, tidak boleh menjual sesuatu yang belum dimiliki seperti yang terjadi pada transaksi short sale dalam pasar modal.

Jadi dalam melakukan transaksi biaya yang harus dikeluarkan atau disimpan sudah sesuai dengan akad, sehingga transaksi yang dilakukan adil.

Selain itu juga Bank Syariah biasanya akan mendukung perekonomian yang halal dan baik. Institusi tersebut tidak akan menyalurkan dana untuk investasi kepada hal-hal yang tidak sesuai syariat islam, seperti pembangunan gedung diskotik, minuman keras, dll. Disisi lain, bank syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah yang bertugas mengawasi produk dan transaksinya.

Bank Syariah juga bertransaksi dengan transparant, sehingga tidak ada riba selama transaksi dilakukan. Karena semua transaksi dilakukan sesuai akad di awal antara perusahaan dengan nasabahnya.

Dengan demikian, Hannien Tour sebagai travel perjalana umrah dan haji berkomitmen akan terus menjalankan bisnis sesuai dengan syariat islam dan menghindari riba.

 

sumber gambar: google