Dalam melakukan Ibadah Haji dan Umrah biasanya para jamaah juga melaukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata yang tidak jauh dari masjidil harram. Diantaranya ada tiga gunung yang sering dikunjungi oleh para jamaah Hannien Tour, yaitu Jabal Tsur, Jabal Rahmah dan Jabal Nur.

 

Jabal Tsur
(sumber: google)

Jabal Tsur merupakan gunung yang berada di selatan kota Makkah dengan jarak sekitar 4Km. Jabal ini memiliki ketinggian mencapai 458 meter. Jabal tsur memiliki Gua tsur yang berada pada puncak jabal Tsur.

Gua tsur saat jaman Rasulullah SAW pernah digunakan sebagai tempat persembunyian ketika diburu oleh kaum Quraisy yang ingin membunuh Nabi Muhammad SAW saat ingin hijrah ke Madinah.

Gua tsur memiliki tinggi 1,25 meter dan luas 3,5 meter persegi. Selain itu, Gua Tsur memiliki dua pintu untuk masuk, yaitu sebelah barat dan timur. Lubang masuk sebelah barat yang saat itu digunakan oleh Nabi Muhammad untuk bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Jabal Rahmah
(sumber: google)

Selanjutnya yaitu Jabal Rahmah atau bisa disebut juga Jabal Arafah karena lokasinya berada di Padang Arafah. Jabal rahmah juga diliputi dengan bukit batu besar di sebelah timur Arafah. Apabila melihat puncaknya, maka akan terdapat tiang persegi 4 yang memiliki tinggi 8 meter dengan lebar kurang lebih sekitar 2 meter.

Jabal rahmah ini juga diyakini sebagai tempat pertemuan Adam dan Hawa. Dari arti kata rahmah adalah kasih sayang. Sehingga banyak juga dijadikan tempat untuk berdoa agar disegerakan mendapat jodoh.

Gua Hira
(Sumber: Google)

Terakhir, Jabal Nur. Gunung ini menjadi titik awal Muhammad diangkat menjadi nabi terakhir. Jabal Nur berada di kawasan Hejaz atau atau sekitar 7 km dari Masjidil Haram. Jabal Nur juga biasa disebut dengan Jabal Hira karena dipuncaknya terdapat Gua Hira.

Kisahnya, Gua Hira merupakan tempat pertama kalinya Rasulullah SAW menerima wahyu dari Allah yaitu turunnya surat Al-alaq ayat 1 sampai 3.

Itulah tiga diantara banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Makkah. Jika Anda berangkat ibadah umrah bersama Hannien Tour, maka Anda juga bisa mengunjungi ketiga jabal diatas.