Visa Umrah merupakan salah satu dokumen penting yang perlu dipersiapkan saat Anda pergi ibadah Umrah ke Tanah Suci. Visa umrah diperlukan untuk bisa memasuki wilayah Tanah Suci yang khusus dilakukan untuk beribadah umrah dengan ketentuan waktu tertentu.

Waktu pembuatan visa umrah biasanya dilakukan 3-4 minggu sebelum keberangkatan. Sudah ada ketentuan waktu bulan dalam pembuatan Visa Umrah ini. Terhitung dalam kalender masehi, yaitu dari Bulan Shafar sampai dengan bulan Ramadhan.

Namun, untuk pembuatan visa umrah tidak bisa dilakukan oleh per orangan. Visa umrah dibuat secara kolektif oleh travel agent atau biro perjalanan yang sudah terdaftar resmi di Kementrian Agama RI dan disetujui oleh Kementrian Haji Arab Saudi. Seperti Hannien Tour yang merupakan Travel Haji dan Umrah yang sudah memiliki izin umrah No.154 / tahun 2015.

Masa berlaku Visa Umrah tergantung dari pengajuan lama waktu keberangkatan ibadah umrah, hal ini dilihat berdasarkan jadwal agenda dan tiket yang dilampirkan saat melengkapi berkas-berkas untuk pembuatan visa.

Untuk Visa Umrah, hanya bisa berlaku pada 3 kota, yaitu Jeddah, Makkah, dan Madinah. Visa ini hanya bisa digunakan untuk ibadah umrah saja, tidak bisa digunakan untuk ibadah haji atau pun bekerja. Jika ditemukan batas waktu visa telah habis, maka pemerintah Arab Saudi akan melakukan deportasi, kecuali bagi yang sedang sakit dan dirawat diberi waktu sampai dengan 30 hari.