Islam adalah agama yang mengatur segala sesuatu untuk para pemeluknya. Bukan hanya ajaran mengenai beribadah saja, namun tata cara dan adab makan pun diajarkan. Karena islam memberikan panduan kepada umatnya agar bisa makan, minum dan hidup dengan sehat.

Makan dan minum adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Namun, banyak dari kita yang terkadang tidak mengetahui cara makan dan minum yang baik untuk tubuh kita. Sebagian orang tidak menyadari bahwa masih ada yang makan dan minum dengan berdiri. Padahal jika ditelusuri ada beberapa dari hadist menungkapkan bahwa Rasulullah saw mengajari umatnya untuk makan dan minum tidak sambil berdiri.

عن أنس – رضي الله عنه – ، عن النبيِّ – صلى الله عليه وسلم – : أنه نَهى أن يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِماً . قَالَ قتادة : فَقُلْنَا لأَنَسٍ : فالأَكْلُ ؟ قَالَ :

ذَلِكَ أَشَرُّ – أَوْ أخْبَثُ – رواه مسلم

Dari Anas radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam : “Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang untuk minum berdiri”. Qatadah (seorang tabi’in) berkata : “Kami bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan sambil berdiri?’ Anas menjawab, ‘Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.’ (HR. Muslim).

Selain hadits, menurut kesehatan makan dan minum sambil berdiri juga menyebabkan dampak yang negatif terhadap tubuh kita. Saat makan dan minum sambil berdiri, maka makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, katup yang menyaring makanan dan minuman akan terbuka sehinga tidak bisa tersaring. menurut para dokter, makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut saat makan dan minum sambil berdiri bisa melukai lambung.

Saat minum sambil berdiri, air yang masuk ke dalam perut akan langsung mengalir ke kandung kemih sehingga berpotensi terjadinya pengendapan di saluran ureter, yang bisa menyebabkan mengkristalnya pengendapan di ginjal dan membuat susah buang air kecil.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membiasakan unuk makan dan minum tidak sambil berdiri untuk kesehatan Anda. Selain itu juga dengan makan dan minum sambil duduk kita menjaga adab dan sopan santun perilaku diri kita.

 

sumber gambar: google.com