Memiliki penghasilan yang cukup baik membuat Anda terkadang menjadi tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sehingga apapun yang Anda inginkan, Anda langsung berusaha ingin memlikinya. Bahayanya hal ini bisa menjadikan pengeluaran Anda besar pasak daripada tiang.

Berikut beberapa kebiasaan boros yang perlu Anda kurangi:

  1. Makan di Luar

Untuk sebagian orang memasak makanan untuk kebutuhan makan sehari-hari memang agak menyita waktu, tapi hal ini sebenarnya jika dilakukan rutin setiap hari bisa membuat pengeluaran Anda lebih hemat.

Makan di luar memang membuat pilihan Anda untuk makan bisa lebih banyak, namun jika dilakukan setiap hari, tentu pengeluaran akan lebih boros dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah.

  1. Membeli Barang Bermerek

Mengikuti gaya hidup kekinian juga bisa membuat Anda menjadi berperilaku lebih konsumtif. Ditambah dengan iklan yang beredar di berbagai media membuat Anda meyakini bahwa dengan memiliki barang bermerek itu bisa lebih tahan lama.

Padahal jika Anda bisa melihat dan mengetahui dari kualitas dan ketahanan bahan dari barang yang akan dibeli, maka dengan barang yang tidak bermerek juga Anda bisa memiliki barang yang bagus. Dengan begitu, bisa menghemat pengeluaran Anda.

  1. Minum Air Kemasan

Saat ini dengan kecanggihan teknologi, Anda terbiasa hidup dengan kondisi yang instan dan mudah. Kemudahan membeli air dalam kemasan juga membuat Anda menjadi malas untuk membawa botol minuman saat beraktivitas.

Namun, jika dihitung setiap harinya Anda membawa botol minum/tumbler dalam beraktivitas akan lebih mengurangi pengeluaran Anda. Tidak hanya menghemat keuangan, tetapi juga sekaligus mengurangi limbah plastik pada lingkungan.

  1. Membeli Kopi Mahal

Lagi-lagi gaya hidup membuat Anda ingin membeli sesuatu karena prestige, yang mana Anda meneguk segelas kopi dengan harga yang bisa dikatakan tidak murah. Untuk sesekali dilakukan hal itu tidak menjadi masalah. Namun jika Anda sering membeli kopi dengan harga mahal ini tentunya sangat boros untuk pengeluaran Anda.

  1. Belanja Online

Kemudahan berbelanja melalui layar yang ada digenggaman Anda saat ini bisa membuat Anda mendapatkan apapun dengan mudah. Dengan toko berbasis internet dan online ini, Anda bisa berbelanja tanpa mengeluarkan waktu dan tenaga. Namun, jika hal ini tidak terkontrol Anda akan kecanduan dan merasa uang yang Anda keluarkan tidak banyak. Padahal hal ini bisa membuat Anda menjadi boros tanpa terasa.

  1. Penggunaan Kartu Kredit

Saat ini penawaran dari setiap penjual sangatlah banyak dan beragam cara. Salah satunya kemudahan bertransaksi dalam membayar biaya belanja yang Anda beli. Tergiur dengan kemudahan pembayaran kartu kredit juga akan membahayakan kondisi keuangan Anda jika tidak bisa terkontrol dengan baik.

Jadi, sebaiknya Anda bisa mengurangi kegiatan yang berkaitan dengan keenam poin di atas agar bisa belajar hidup hemat dan tidak boros. Sehingga pengeluaran Anda bisa sesuai dengan kebutuhan. Sekali lagi, prioritaskan antara kebutuhan dan keinginan.