Tidak sedikit kita mendengar berita di beberapa media yang mengabarkan beberapa travel umrah batal memberangkatkan calon jamaah umrah karena berbagai hal. Ada juga pihak-pihak yang berkedok travel umrah padahal hanya ingin memanfaatkan kepentingan pribadi. Dengan demikian Anda sebagai Calon Jamaah Umrah perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih travel umrah sebagai jasa pelayanan pemberangkatan ibadah ke tanah suci.

Kementrian Agama juga sudah memberikan arahan kepada masyarakat, untuk bisa membedakan travel umrah yang resmi dan sudah terdaftar dan mana yang ilegal dan perlu Anda waspadai dengan 5 Pasti yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah, yaitu:

1. Pastikan bahwa travel umrah yang Anda pilih sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Seperti Hannien Tour yang sudah memiliki Izin Umrah SK Kemenag No. 154/ Tahun 2015.

2. Pastikan waktu keberangkatan dan kepulangan untuk umrah. Terkadang ada beberapa biro perjalanan yang hanya memberangkatkan jamaahnya saja, tetapi tidak jelas mengenai kepulangannya. Sehingga Anda sebagai calon jamaah perlu teliti untuk mengecek waktu, tanggal dan tiket keberangkatan dan kelpulangan.

3. Pastikan harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh setiap biro perjalanan. Hindari untuk tergiur dengan tawaran harga yang murah dan diiming-imingi dengan fasilitas yang bagus. Karena Anda harus berpikir rasional bahwa fasilitas yang Anda peroleh tentunya akan berpengaruh dengan harga yang akan Anda ambil. Travel Umrah yang lengkap biasanya sudah menyiapkan paket seperti maskapai, penginapan, asuransi, transportasi, konsumsi, pembimbing, kesehatan dan adanya manasik umrah. Seperti Hannien Tour, saat ini sudah menyiapkan segala kepengtingan yang terbaik untuk calon jamaah umrah. Hannien tour juga menyediakan pelayanan kesehatan bekerja sama dengan travel health doctor untuk persiapan calon jamaah sebelum keberangkatan, selain itu juga calon jamaah umrah Hannien Tour saat sebelum berangkat akan mendapatkan Air Kesehatan kangen water dalam satu paket, Air Minum pH 9.5 , Beauty Water untuk kesehatan wajah dan Strong Acid yang mengandung antiseptik yang mampu membersihkan kuman pada tangan.

4. Pasti yang keempat adalah, pastikan penginapan hotel yang ditawarkan. Pemerintah sudah membuat regulasi bahwa penginapan yang ditawarkan oleh biro perjalanan umrah minimal sudah berbintang tiga, dan dengan jarak tidak lebih dari satu kilometer dari tempat ibadah.

5. Pastikan Visa Umrah yang akan digunakan. Untuk Visa hanya dikeluarkan oleh Pemerintah Arab yang sudah ada perwakilannya di Indonesia. Visa calon jamaah harus resmi dan minimal sudah ada tiga hari sebelum pemberangkayan. Apabila visa yang digunakan tidak resmi atau kadaluawarsa, maka calon jamaah bisa ditangkap atau dipulangkan ke tanah air.

Itulah 5 pasti yang perlu Anda perhatikan dalam memilih biro perjalanan umrah. Pilihlah yang pas untuk kenyamanan dan keamanan diri Anda.