Kebutuhan hidup memang sudah disesuaikan dengan keuangan yang sudah kita terima dari hasil pekerjaan yang kita lakukan. Namun, terkadang banyak keinginan yang bisa membuat pengeluaran kita membengkak. Pepatah mengatakan jangan sampai besar pasak daripada tiang, karena jika hal itu terjadi maka bisa berdampak buruk pada kantong Anda.

Berhemat bukan berarti pelit, pernyataan ini sebenarnya bisa dimaknai dengan kita berhemat dalam pengeluaran maka kita bisa merencanakan keuangan kita dengan tujuan yang lebih baik. Keinginan Anda dalam membeli dan memiliki sesuatu mungkin bisa sangat banyak. Namun lebih baik Anda bisa membuat prioritas keinginan, agar keuangan Anda tetap terkontrol pada batasnya dan tidak terjerumus untuk memaksakan diri melakukan pinjaman yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Menabung dengan tujuan sambil berhemat bisa dilakukan dengan baik jika Anda memiliki komitmen dan tujuan besar atas tabungan yang Anda simpan. Biasanya tabungan itu  digunakan untuk simpanan di masa depan, seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Bisa juga tidak hanya untuk kebutuhan duniawi saja, tetapi tabungan Anda juga bisa digunakan untu berencana ibadah hai atau umrah ke tanah suci, karena untuk melakukan rukun islam yang ke lima itu membutuhkan biaya yang cukup besar.

Hidup hemat bukan berarti pelit juga bisa diartikan bahwa dengan berhemat Anda bisa hidup tidak dengan bermewah-mewahan, karena Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk bisa hidup sederhana dan lebih baik bisa saling berbagi kepada saudara yang sedang membutuhkan.

Sekali lagi, hidup hemat bukan berarti pelit. Anda bisa menggunakan rezeki yang Anda terima dengan hasil usaha yang halal dan Anda bisa gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan lebih berkah. Semoga kita semua bisa hidup sederhana dan selalu mengamalkan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW.

Sumber gambar: google