Segala yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada hambanya pasti memiliki manfaat bagi yang menjalankannya. Salah satunya dengan berwudhu. Kebanyakan dari kita ketahui bahwa wudhu merupakan salah satu syarat sah nya untuk melakukan shalat. Agar saat shalat tubuh kita suci dari najis.

Wudhu tidak hanya dilakukan saat sebelum Shalat, tetapi Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada umatnya agar berwudhu sebelum pergi tidur. Berwudhu sebelum tidur ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pertama, dengan kita berwudhu saat sebelum pergi tidur maka kita bisa terbebas dari kuman. Karena saat kita beraktivitas sebelum tidur banyak kuman yang menempel ditubuh kita karena banyak berinteraksi dengan barang-barang yang juga banyak sumber kuman. Dengan berwudhu sebelum tidur kuman-kuman bisa berkurang saat kita tidur.

Kedua, berwudhu bisa menjaga kesehatan wajah. Ahli kecantikan akan berbicara bahwa mencuci muka sebelum tidur itu wajib agar bisa merawat kesehatan wajah. Namun, Rasulullah SAW menyarankan umat muslim untuk berwudhu agar wajah bisa terbasuh sebelum tidur dan terjaga kesehatannya. Selain menajaga kesehatan wajah, air wudhu juga mampu mencerahkan kulit.

Ketiga, dengan berwudhu bisa otot-otot tubuh bisa menjadi rileks. Saat kita melakukan banyak aktivitas dengan kita membasuh diri dengan cara berwudhu maka tubuh kita akan kembali menjadi segar. Sehingga otot-otot yang tegang setelah beraktivitas bisa kembali rileks.

Keempat, manfaat wudhu yang lainnya adalah bisa menstimulus syaraf pusat. Dalam penelitian bagian tubuh yang sensitif terhadap syaraf adalah bagian tangan, kaki dan dahi. Sehingga saat berwudhu tiga bagian tubuh yang terkena air akan bisa menstimulus syaraf  pusat.

Yang kelima, berwudhu bisa menghindari penyakit kulit. Saat kita beraktivitas pasti akan banyak kuman dan pathogen yang menempel dalam tubuh, yang bisa menjadi sumber penyakit kulit. Dengan berwudhu kuman-kuman sumber penyakit bisa menjadi berkurang dan jauh dari sumber penyakit.

Keenam, berwudhu juga bisa menormalkan detak jantung. Telah dilakukan penelitian oleh peneliti di London bahwa air wudhu bisa membuat detak jantung seseorang menjadi normal. Karena bisa terkait dengan menjadi rileksnya otot-otot tubuh juga membuat detak jantung lebih tenang.

Ketujuh, Anda yang sering merasa insomnia dengan cara bewudhu hal tersebut bisa teratasi. Insomnia bisa mengahmpiri Anda ketika sedang banyak masalah ata banyak hal yang dipikirkan. Dengan demikian, dengan Anda mengambil wudhu Anda bisa mengurangi insomnia Anda.

Selain berdampak bagi kesehatan, berwudhu juga bisa mendekatkan diri Anda kepada sang pencipta dan ketika selama Anda tidur, malaikat turut mendoakan Anda sampai Anda bangun di pagi hari.

 

Sumber gambar: google