Kesehatan adalah sebuah nikmat yang sangat diinginkan oleh semua orang, di mana dengan nikmat ini kita bisa melakukan segudang aktivitas. Menjaga kesehatan ini memang banyak cara dari hal yang kecil sampai hal yang bisa dilakukan dengan usaha keras.

Ketika sedang sehat memang tidak begitu terasa nikmat sehat ini, namun ketika Anda sedang sakit barulah Anda berasa betapa berharganya nikmat sehat.

Umat islam sendiri sebenarnya memiliki teladan yang bisa Anda ikuti dalam menjaga kesehatan yaitu Rasulullah SAW, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

 

Bangun Sebelum Shubuh

Dengan Anda bangun sebelum Shubuh maka Anda bisa melakukan shalat sunnah dan shalat shubuh berjamaah. Gerakan shalat juga dalam sebuah penelitian bermanfaat seperti Anda berolah raga. Karena gerakan shalat bisa membuat peredaran darah Anda lebih lancar sehingga oksigen yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Selain itu, dengan bangun pagi sebelum shubuh Anda bisa jalan-jalan pagi disekitar rumah, selain bisa menggerakan tubuh Anda juga bisa mendapatkan udara segar di pagi hari.

 

Menjaga Kebersihan

Jaga kebersihan diri juga merupakan cara Anda untuk bisa menjaga kesehatan diri Anda. Rasulullah SAW setiap hari kamis dan jumat selalu memotong kuku, mencuci rambut halus dan lain-lain. Nabi Muhammad juga selalu menggunakan wewangian dan pakaian rapi.

 

Makan Secukupnya

Ajaran islam mengajarkan bahwa untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, sehingga membuat kita makan tidak terlalu berlebihan dalam makan. Firman Allah dalam surat Al-‘araf ayat 31 berbunyi “ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ”

Yang artinya :  makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. 

 

Berjalan Kaki

Saat ini kemudahan memiliki transportasi pribadi memang membuat orang menjadi lebih mudah dalam menempuh jarak, namun jika kita melihat Nabi Muhammad SAW, beliau adalah sosok yang senang berjalan kaki  untuk berjalan ke masjid. Selain bisa saling bersilaturahmi selama perjalanan,saat kita berjalan kaki kita juga bisa mengeluarkan keringat yang bisa membuah tubuh kita sehat.

Tidak mudah Marah

Hal ini menunjukan kualitas dari seorang muslim yang mana sehat bukan dilihat dari kesehatan fisik semata, tetapi juga dengan dijaga kondisi hati. Dengan menjaga amarah, kita bisa menunjukan bahwa kekuatan umat islam bisa dilihat dari fisik dan jiwanya.

Pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, dengan demikian jagalah kesehatan Anda agar tubuh tetap sehat. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Sumber Gambar: Google