Rasa percaya diri memang tidak muncul begitu saja, tetapi dengan kebiasaan tingkah laku dan cara kita bersikap dalam kehidupan sosial juga bisa melatih diri kita dalam membangun kepercayaan diri.

Hal-hal yang membuat kita menjadi tidak percaya diri biasanya ada keraguan atau kekhawatiran terhadap hal yang akan kita kemukakan salah atau tidak sesuai dengan hal yang sebenarnya. Namun kesalahan merupakan hal wajar ketika kita sedang belajar untuk melatih kepercayaan diri.  Tidak semua yang orang lakukan paling baik dari kita. Jadi setiap orang berhak untuk percaya diri dengan apa yang dilakukannya asalkan masih dalam kondisi yang positif.

Untuk bisa membangun rasa percaya diri, Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah, seperti:

  1. Menyadari bahwa Allah SWT selalu menciptakan hambanya dengan memiliki keunggulan dan kelemahan diri orang masing-masing.  Namun, semua itu tergantung kembali pada manusia bisa mengembangkan atau tidak kemampuannya. Allah berfirman pada Surat At-tin ayat 4,”Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
  2. Belajar mensyukuri nikmat. Dengan Anda bersyukur, Anda akan merasa dengan apa yang Anda miliki sekarang Anda bisa melakukan banyak hal, termasuk melatih diri Anda agar bisa menjadi lebih percaya diri. Dengan demikian, Anda juga bisa lebih mengenal siapa diri Anda sesungguhnya.
  3. Mulailah bergaul dengan orang-orang yang supel dan percaya diri. Dengan Anda bergaul dengan mereka sikap, pola berpikir dan rasa percaya diri juga bisa menular kepada Anda sehingga melalui proses pergaulan tersebut Anda bisa sambil mempelajari bagaimana orang lain bisa percaya diri.
  4. Membaca buku-buku tokoh-tokoh publik atau tokoh agama. Dengan cara tersebut mungkin Anda bisa terinspirasi gaya dan cara tokoh tersebut bisa percaya diri menghadapi sesuatu atau dalam bersikap.
  5. Mulailah dari sekarang. Teruslah mendorong kemampuan Anda dalam meningkatkan percaya diri. Jangan ditunda-tunda, rasa percaya diri bisa muncul dengan cara Anda semangat untuk terus belajar, berlatih dan mencoba.
  6. Memperbaiki Ibadah Anda kepada Allah juga merupakan salah satu cara agar Anda mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Karena usaha tanpa doa juga kurang mendapat keberkahan.

 

Sumber Gambar: google