Usia anak-anak adalah usia di mana mereka bisa menyerap berbagai ilmu dan masa mereka masih mudah untuk dibentuk kepribadiannya. Tentu  Anda sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak, seperti dengan memberikan arahan-arahan yang bisa membuat anak menjadi tumbuh dan kembang dengan karakter yang positif.

Hal ini bisa Anda lakukan sebagai orang tua dengan memupuk ilmu-ilmu yang bisa anak terima dan lakukan pada usia nya sehingga mereka bisa memiliki kepribadian yang baik dan anak bisa mengenal pada ilmu agama. Karena agama merupakan tuntunan hidupnya nanti di masa depan.

Pertama, Anda bisa mengajarkan aqidah kepada anak,dengan begini anak diajarkan mengenal pada sang pencipta, belajar mengenai apa itu hal baik dan hal buruk. Dengan demikian anak mulai berlajar menjalankan perintah-Nya dan menjauhi  larangan-Nya. Salah satunya anak bisa diajarkan dengan belajar beribadah seperti shalat, membaca Al-quran, berpuasa dan-lain-lain.

Kedua, anak juga perlu memiliki akhlak yang baik untuk bisa memiliki kehidupan sosial yang baik dan sesuai dengan kaidah agama sejalan dengan diajarkannya aqidah untuk anak. Karakter dan kepribadian anak di masa depan juga dipengaruhi oleh sikap dan kebiasaan yang sangat perlu diperhatikan. Dengan demikian, hal-hal seperti saling tolong menolong, disiplin, bertoleransi, dan sebagainya perlu diajarkan dan dibiasakan sejak usia dini. Bisa dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan juga perlu disinergikan dengan lingkuangan bermainnya. Dengan begitu, anak bisa menjadi tumbuh berkembang menjadi pribadi yang teladan.

Ketiga, membentuk anak  dengan pribadi yang baik juga perlu diarahkan agar mereka bisa membangun intelektual yang cerdas. Sebagai generasi muslim untuk masa depan, sebaiknya anak juga dibiasakan untuk diajak berdiskusi, menambah pengetahuan dan wawasan baik ilmu agama atau pun dunia dengan berbagai cara yang positif, seperti membaca buku, menonton video non fiksi, atau bisa juga mengunjungi tempat-tempat yang bisa menambah pengalaman dan wawasan anak . Ketika anak di masa depan, mereka siap bergaul dan bisa menjadi pemimpin yang kaya akan ilmu, baik untuk dirinya sendiri maupun bagi orang-orang sekitarnya.

Dan yang terakhir, anak-anak bukan hanya bisa kuat secara pribadi dan pengetahuan. Fisik dan jiwa anak juga perlu menjadi perhatian. Pola hidup yang sehat juga akan berdampak untuk anak bisa belajar dan bertingkah laku dengan baik. Seperti asupan makanan dan gizi yang tepat, lalu istirahat yang cukup dan ajarkan juga anak untuk rajin berolahraga. Hal-hal tersebut untuk berkaitan dengan fisik, sedangkan untuk ketentraman batin atau jiwanya, Anda sebagai orang tua bisa memberikan perhatian yang cukup kepada anak yang bisa membuat anak nyaman berkomunikasi terbuka dengan keluarganya.

Membentuk kepribadian anak memang tidak mudah, membutuhkan kesabaran dan waktu sampai nanti anak bisa memiliki karakter yang baik. Dan jangan lupa, untuk terus berdoa kepada Allah agar apa yang Anda harapkan bisa terkabul. Insya Allah anak Anda bisa menjadi teladan bagi dirinya sendiri, bagi keluarga, bagi lingkungan, dan bagi negaranya. 

Sumber Gambar: google