Perjalanan di dalam pesawat saat Anda berangkat Haji dan Umrah bisa cukup memakan waktu yang lama. Dengan demikian jika Anda yang belum terbiasa berada di dalam pesawat dengan waktu yang lama bisa jadi Anda merasa bosan atau mungkin khawatir dengan perjalanan.

Agar bisa tetap nyaman dalam melalui perjalanan yang cukup memakan waktu tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal, diantaranya:

Memilih tempat duduk jika memungkinkan. Karena tempat duduk di pesawat menjadi bagian penting yang perlu dipertimbangkan jika Anda takut akan ketinggian, Anda bisa memilih tempat duduk di kabin pesawat bagian depan karena efek turbulensinya lebih rendah. Selain itu jika Anda lebih sering ke toilet, Anda bisa memilih tempat duduk dekat lorong dan toilet dan di bagian pinggir.

Anda juga bisa membawa barang bawaan yang bisa membuat Anda nyaman selama perjalanan, seperti bantal leher, syal atau buku. Atau Anda juga bisa membawa mp3 yang berisikan murotal ayat suci Al-quran yang bisa membuat Anda lebih tenang selama perjalananan. Namun, jangan membawa barang-barang yang terlalu banyak yang bisa menyulitkan Anda atau orang disamping Anda selama di dalam pesawat.

Hindari meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh sebelum berangkat. Karena hal tersebut bisa meningkatkan kecemasan. Anda bisa membawa air putih atau jus agar mencegah dehidrasi selama di pesawat. Dehidrasi juga bisa menimbulkan rasa kecemasan atau takut.

Mengobrol dengan orang disamping Anda juga bisa membuat rasa bosan Anda hilang. Sehingga Anda tidak hanya fokus menunggu pesawat sampai, tapi selama perjalanan Anda bisa saling berbagi pengalaman dengan orang yang berada di samping Anda. 

Terakhir, jangan pernah lupa berdoa kepada sang pencipta agar Anda selalu di dalam lindungan-Nya dan senantiasa perjalanan Anda menuju dalam keberkahan.