Shalat adalah tiangnya agama bagi umat muslim. Shalat juga merupakan salah satu bentuk komunikasi umat muslim kepada sang pencipta. Selain shalat lima waktu, ada shalat-shalat sunnah yang baik juga untuk dilakukan. Salah satunya yaitu shalat tahajud yang dilakukan di tengah malam.

Shalat tahajud memang menjadi tantangan untuk beberapa orang karena harus berjuang dengan bangun malam dan melawan kantuk disaat sedang nyenyaknya beristirahat. Namun jika niat sudah dimantapkan sesulit apapun rintangan Insya Allah shalat tahajud bisa dilakukan dengan rutin. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menjalankan shalat tahajud dengan baik.

Biasakan tidur siang. Jika Anda memiliki waktu untuk beristirahat di siang hari maka lakukanlah satu atau dua jam. Tidur siang ini bisa menggantikan waktu tidur kita saat di malam hari. Jika Anda bekerja di siang hari, maka coba dibiasakan tidur lebih awal. Jangan tidur terlalu larut malam, sehingga masih ada energi saat bangun malam untuk shalat tahajud. Buatlah jadwal tidur maksimal pukul 22.00.

Lalu, sebelum tidur berdoalah kepada Allah dan yakin pada diri sendiri bahwa Anda bisa bangun malam untuk shalat tahajud. Insya Allah niat baik akan bisa terlaksana. Untuk membantu Anda bangun, bisa juga menggunakan jam weaker dengan bunyi nada lembut mengalun keras agar menghindari kaget saat bangun.

Pastikan posisi tidur senyaman mungkin. Sehingga ketika Anda bangun tubuh Anda terasa siap untuk melakukan ibadah shakat tahajud. Jangan sampai posisi Anda tidur yang kurang nyaman membuat Anda bangun menjadi sakit dan menunda kembali niat shalat tahajud Anda. Agar Anda bisa melakukan shalat tahajud dengan rutin setiap hari, lakukan shalat tahajud 40 hari berturut-turut. Ketika shalat tahajud sudah bisa dilakukan dengan konsiten maka bangun malam akan terasa ringan. 

 

Sumber foto: google