Anak-anak merupakan masa di mana mereka belajar memahami segala kegiatan. Sehingga apapun yang diberikan kepada anak, mereka akan lebih mudah mempelajarinya. Begitu juga dengan belajar membaca Al-quran. Banyak cara bisa dilakukan agar anak gemar membaca Al-quran. Apa yang mereka pelajari bukan hanya kegiatan yang bersifat duniawi tetapi juga bisa menyeimbangkan pengetahuan dan bekalnya nanti untuk di akhirat.

Sebelum mengajarkan dan mengajak anak membaca Al-quran, Anda selaku orang tua juga perlu memberikan teladan kepada anak. Agar anak mudah dan mau membaca Al-quran, orang tua juga sebaiknya rajin dalam membaca Al-quran. Selain itu anak juga bisa diperdengarkan lantunan ayat suci Al-quran melalui berbagai rekaman seperti VCD, DVD atau dari ponsel Anda. Dalam memutar ayat suci ini anak tidak harus duduk disamping Anda, bisa dilakukan ketika anak sedang bermain. Sehingga anak dengan sendirinya bisa menghafal ayat-ayat suci Al-quran.

Anda sebagai orang tua juga bisa menceritakan kisah-kisah yang ada di dalam Al-quran kepada anak, sehingga anak bisa lebih tertarik dan mau belajar dan lebih giat lagi dalam membaca Al-quran.

Disisi lain saat membimbing anak dalam belajar Al-quran, sebaiknya konsisten terhadap waktu. Beri waktu khusus yang di mana anak nyaman dan luang dalam belajar. Atau cara lain, bisa mengikutsertakan anak ke sekolah TPA (Taman Pendidikan Al-quran). Dengan anak mengikuti TPA, bukan hanya membuat anak belajar dan gemar membaca Al-quran tetapi juga bisa mengenal berbagai ajaran agama.

Mengajari anak hal-hal yang positif tentunya akan membentuk karakter positif anak sejak dini. Sehingga kelak mereka saat di usia lebih matang bisa terbiasa dan mengaplikasikan apa yang sudah mereka pelajari. Dengan begitu Anda juga memberikan arahan anak yang seimbang antara dunia dan akhirat.

 

Sumber gambar: google