Alquran merupakan pedoman atau pandangan hidup umat muslim. Segala perkara, permasalahan dan aturan telah tercantum dan di jelaskan melalui firman Allah swt.Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang baik sudah seharusnya membaca dan mengetahui kandungan isi Al-quran.  Dengan membaca Al-quran akan banyak hikmah dan petunjuk yang bisa di dapatkan.

Pertama, ketika sesorang membaca Al-quran, pada setiap ayatnya akan membawa Anda pada ketenangan batiniah.  Seperti yang dijelaskan pada surah Al-Isra [17] ayat 82, “Alquran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga para pembaca Alquran, bahkan orang yang mendengarkan bacaannya mendapat pula ketenangan jiwa”.

Kedua, kaum muslimin dan muslimat yang membaca Al-quran akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Seperti hadits riwayat Tirmidzi, yaitu “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." Dengan begitu umat muslim yang rajin membaca Al-quran senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

Ketiga, menghilangkan keraguan. Kandungan dalam Al-quran dilengkapi segala jawaban dari pertanyaan kehidupan di dunia. Semua aturan tertera dalam firman Allah untuk bisa dilakukan oleh umat manusia, Al-quran memberikan penjelasan dan bukti-bukti nyata sebagai petunjuk.

Keempat, Al-quran juga bisa mencegah dan mengatasi kepikunan. Dengan rutin membaca Al-quran kinerja fungsi otak bisa bekerja dengan baik sehingga bisa meningkatkan daya konsentrasi dan mengatasi penyakit pikun.

Kelima, rutin membaca Al-quran  bisa membersihkan penyakit hati yang bersarang di dada. Di dalam kandungan Al-quran menjelaskan terdapat beberapa ayat yang bisa menjadi obat penawar penyakit yang ada di dalam dada sepeti sombong, riya, dendam dsb. Dengan membaca Alquran, penyakit hati secara perlahan dapat dibersihkan.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari membaca Al-quran, semoga Sahabat Hannien bisa selalu rutin dan mengamalkan dari kandungan isi Al-quran.

Sumber foto: Google