Melaksanakan kegiatan Haji dan Umrah tentunya perlu ketahanan tubuh yang baik, namun tidak hanya itu. Hal yang penting dilakukan oleh para calon jamaah haji dan umrah yaitu salah satunya wajib melakukan vaksin meningitis.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2003 pasal 2 ayat 1 menyatakan bahwa “setiap orang yang akan melakukan perjalanan internasional dari dan ke negara terjangkit dan / atau endemis penyakit menular tertentu dan / atau atas permintaan Negara tujuan wajib diberikan vaksinasi tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”

Dengan demikian para calon Jemaah haji dan umrah wajib melakukan vaksinasi meningitis dikarenakan wilayah Arab Saudi merupakan salah satu wilayah negara endemi meningitis.

Dilansir dari media online republika.co.id Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengatakan, vaksin meningitis berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit meningitis.

“Jamaah haji atau umrah wajib vaksin meningitis sebelum berangkat karena Arab Saudi, jazirah Arab dan Afrika di sekitarnya masih endemis meningitis, bahkan disebut meningitis ‎belt,” kata Tjandra Yoga kepada Republika, Kamis (21/5).

Penyakit Meningitis adalah penyakit infeksi menular yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Jika tidak segera ditangani dengan baik, bisa menyebabkan kematian. 

 

Foto Ilustrasi: google