Kurma adalah buah yang berwarna hitam kecoklatan dan agak manis rasanya ini biasa dijadikan buah tangan oleh para Jemaah umrah ataupun haji. Tahukah Anda bahwa buah ini banyak memiliki khasiat dan manfaat untuk tubuh?

Kandungan dalam buah kuma terdapat berbagai macam yang dapat menyehatkan tubuh. Kurma kaya akan serat sehingga baik untuk sistem pencernaan. Selain itu kurma juga telah terbukti dalam beberapa penelitian bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan bahkan direkomendasikan pengobatan untuk wasir.

Disisi lain kurma juga memiliki kandungan potassium yang dapat menyeimbangkan kembali kandungan air dalam tubuh. Sehingga kurma banyak direkomendasikan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Dalam sebuah hadits juga kurma disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, yaitu:

“Rasulullah SAW berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terdapat kurma, maka Baginda akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka Baginda meminum beberapa teguk air“ Hadis riwayat Ahmad

Buah yang tumbuh diarea gurun dan tahan panas ini juga mengandung magnesium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa magnesium menurunkan risiko stroke dengan sekitar 10% untuk setiap seratus milligram magnesium. Kandungan magnesium dalam kurma juga bisa membantu sebagai penghilang rasa sakit yang mana memiliki anti-inflamasi.

Lalu, Kurma juga memiliki kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Ketika otak mencukupi vitamin B6 maka akan membuat otak bisa menjadi bekerja lebih baik, bisa lebih fokus dalam berpikir dan bisa memiliki ingatan lebih akurat serta dapat mengakses informasi dalam otak lebih cepat.

 

Dilkutip dari berbagai sumber

Foto Ilustrasi: google