Sebelum melaksanakan kegiatan umrah atau haji, tentunya banyak hal yang perlu disiapkan oleh para calon Jemaah. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan fisik, baik dari ketahanan tubuh maupun asupan makanan yang perlu diperhatikan agar melakukan ibadah haji atau umrah bisa nyaman dan lancar tanpa kendala kesehatan.

Dengan perbedaan cuaca yang cukup ekstrim di tanah suci tentunya pertahanan tubuh perlu disiapkan baik-baik. Mulailah dengan hal yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu berolahraga kecil, seperti lebih banyak jalan pagi atau berlari. Karena selama ibadah haji atau umrah dilakukan akan banyak melakukan kegiatan dengan berjalan kaki. Sehingga dengan  melatih otot kekuatan kaki kita tidak akan merasa kelelahan selama ibadah di tanah suci. Tidak hanya itu, istirahat yang cukup dan tepat waktu sebelum berangkat ibadah juga perlu dibiasakan, karena mengingat kegiatan ibadah juga akan cukup menyita waktu dan energi.

Selain itu asupan makanan ke dalam tubuh juga perlu mulai diperhatikan seperti mengatur pola makan yang bergizi empat sehat lima sempurna dan bila perlu ditambah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah menyiapkan fisik dengan baik juga perlu untuk mengunjungi dokter untuk berkonsultasi perlu atau tidaknya dilakukan vaksin disebabkan oleh menghindari masuknya virus-virus penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh. Atau jika Anda mendaftar umrah dan haji melalui Hannien tour, Anda bisa menggunakan Travel Health Doctor http://www.travelhealthdoctor.co.id/ yang disediakan oleh Hannien Tour untuk para calon Jemaah umrah dan haji sebelum berangkat menjalankan ibadah ke tanah suci.