Sahabat Hannien, kita banyak mengetahui Rasulullah gemar mengonsumsi kurma, akan tetapi sudah tahukah bahwa Rasulullah juga sering memakan buah semangka? Ternyata semangka memiliki banyak khasiat yang dahsyat untuk kesehatan.

 

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843)

 

Buah semangka memiliki sifat dingin dan sejuk. Sangat baik dikonsumsi sebelum makan, akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi semangka, karena lycopene yang dikandung semangka bisa mengganggu sistem pencernaan jika berlebihan. Misalnya timbul diare, perut kembung, mual hingga muntah.

 

Rasulullah memakan semangka disertai kurma muda, karena sifat dingin dan sifat panas yang dimiliki kedua buah ini bisa menyeimbangkan tubuh.

 

“Kami memecah panasnya ini (kurma muda) dengan dinginnya ini (semangka) dan dinginnya ini (semangka) dengan panasnya ini (kurma muda).” (Sunan Abu Dawud; dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

 

Ternyata manfaat mengonsumsi buah semangka pun sangat banyak, berikut ini 8 di antaranya:

 

1.  Melancarkan Air Seni

 

 Jika Sahabat Hannien memiliki masalah buang air kecil, bisa mencoba terapi dengan buah semangka yang memiliki kandungan air amat tinggi, sehingga bisa meningkatkan keluarnya urine dalam tubuh. Semangka juga bisa membantu membuang racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah

 

Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

 

3. Menangkal Kanker

 

Semangka memiliki kandungan vitamin C dan lycopene, kedua zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Meskipun tidak dimaksudkan sebagai obat kanker, namun mengonsumsi semangka in syaa Allah bisa mencegah kanker.

 

4. Mengatasi Sembelit atau susah buang air besar

 

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan serat dan air dalam jumlah tinggi. Jika memiliki masalah buang air besar in syaa Allah serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit ini, terutama jika kekurangan serat larut dalam usus.

 

5. Mencegah Dehidrasi

 

Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang bisa konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal. Oleh sebab itu mengonsumsi buah semangka bisa mencegah dehidrasi tubuh karena kandungan air yang banyak dikandungnya.

 

6. Mengatasi Nyeri Otot

 

Pernahkah Sahabat Hannien merasakan nyeri pada otot? Cobalah mengonsumsi semangka untuk meredakannya! Senyawa asam amino citruline yang dikandung semangka memiliki efek baik dalam meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan ketegangan.

 

7. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

 

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium yang dikandung semangka juga menyehatkan jantung.

 

Buat yang kurang menyukai buah semangka, mungkin perlu belajar untuk mengonsumsi buah merah ini!

 

Foto ilustrasi: google