Bandara Internasional King Abdulaziz atau sering disingkat dengan KAIA (King Abdulaziz International Airport) melayani kebutuhan penerbangan untuk wilayah Jeddah, Arab Saudi. Banyak orang yang mengenal bandara ini dengan sebutan Bandara Jeddah. Bandara yang terletak 19 km dari pusat kota Jeddah merupakan salah satu pintu utama untuk menuju ke Mekkah, terutama bagi mereka yang akan menunaikan ibadah Haji. Oleh karena itu, bandara ini pun memiliki satu buah terminal yang khusus untuk haji dan dinamai sebagai Terminal Haji. Adapun demikian, dua terminal utamanya adalah South Terminal (Terminal Selatan) untuk maskapai penerbangan Saudia, Garuda Indonesia, Flynas, Kenya Airways, dan Korean Air dan North Terminal (Terminal Utara) untuk maskapai penerbangan lainnya. Rute penerbangan yang tersedia di antaranya adalah Jakarta – Jeddah, Medan – Jeddah, Makassar – Jeddah, dan Surabaya – Jeddah. Untuk menemukan harga tiket pesawat termurah untuk terbang ke Jeddah, gunakan Skyscanner Indonesia! 

Selain melayani beragam penerbangan antara Jeddah dan banyak kota di berbagai penjuru dunia, Bandara King Abdulaziz Jeddah memiliki sejumlah fasilitas. Anda bisa menjumpai lounge, wifi, ATM, tempat penukaran uang, toko, duty free, restaurant, coffee shop, masjid, dan counter sewa mobil. Di samping itu Bandara Jeddah menyediakan sebuah bus untuk bepergian antar terminal. Terminal Selatan dan Terminal Utara terletak cukup jauh, yaitu sekitar 15 km. Taksi juga dapat digunakan untuk berpindah dari satu terminal ke terminal lain, khususnya bagi Anda yang transit di Bandara King Abdulaziz Jeddah ini. Saat ini, bandara sedang dalam proses pengembangan dan nantinya penerbangan domestik dan internasional akan menempati satu gedung yang sama dengan fasilitas yang lebih lengkap.   

 

Transportasi dari dan ke Bandar Udara King Abdulaziz Jeddah :

Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil

Bandara Jeddah terhubung dengan kota Jeddah melalui 2 jalan raya yaitu Medina Road dan Makkah Expressway. Waktu tempuh perjalanan antara pusat kota Jeddah dan Bandara Jeddah adalah sekitar 20 menit.

Apabila Anda berasal dari sebelah utara kota Jeddah maka untuk menuju bandara Anda harus melakukan perjalanan ke bagian selatan melalui Prince Fahd Street, Khalid Bin Al Walid Road, Madina atau Hail Street, dan ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan pengendara menuju Bandara Jeddah.

Sedangkan bagi Anda yang datang dari selatan King Fawsal Street, Anda harus melakukan perjalanan ke bagian utara King Fawsal Street, lalu belok kanan ke Al Matar (Airport) Road, dan terus lurus mengikuti petunjuk jalan menuju Bandara Jeddah.

Bus

Cara lain menuju pusat kota Jeddah dari Bandara Jeddah adalah dengan menggunakan bus. Rute bus Bandara King Abdulaziz Jeddah dari atau ke kota Jeddah bertarif sekitar Rp 350.000,00. Selain rute ini, rute bus dari Bandara Jeddah ke Mekah dan Madinah juga tersedia.

Taksi

Taksi juga menjadi salah satu pilihan untuk bepergian baik dari maupun ke Bandara Internasional King Abdulaziz. Namun, Anda yang tertarik menggunakan jasa pelayanan taksi di Bandara Jeddah harus mengambil dari luar bandara. Pengemudi taksi dilarang mengambil penumpang atau menarik penumpang dari dalam bandara. Taksi di Bandara Jeddah tidak memiliki argo, oleh karena itu perlu Anda sebaiknya melakukan negosiasi harga sebelum melakukan perjalanan menggunakan taksi.