Jumlah jamaah umrah di Indonesia setiap tahunnya kian bertambah dan meningkat, walaupun biaya umrah 2016 dalam rupiah mengalami kenaikan. Diperkirakan jumlah jamaah umrah dari Indonesia yang ketanah suci berdasarkan dari data kemenag th 2015 lalu, berkisar 5602 jamaah perbulan, dan 195 jamaah yang terbang ke saudi setiap harinya. Pada tahun 2013 jumlah jamaah pertahun mencapai 500.000 orang , sedangkan tahun 2016 ini diperkirakan meningkat 2X lipat menjadi 1 juta orang.

Mengenai standard biaya umrah minimum pada tahun 2016, AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia ) menyatakan bahwa standar minimal untuk biaya perjalanan umrah senilai 1.700 dolar AS.

Standarisasi biaya umrah tersebut dibuat karena banyak beredarnya travel umrah yang mengeluarkan biaya murah yang tidak masuk akal/tidak rasional seperti 14 jutaan dsb. Kemudian banyak terjadi peristiwa kegagalan berangkat umrah serta terlantarnya jamaah yang salah satunya disebabkan tergiur dengan harga umrah murah. Sehingga dengan adanya standard biaya umrah minimum ini dapat menjamin pelayanan umrah kepada setiap jemaah yang terus meningkat setiap tahunnya.

Standar penyeleggaraan umrah dan haji telah ditetapkan dalam  UU No. 13 Tahun 2008 yang diharapkan kepada setiap penyelenggara travel umrah untuk mematuhi ketetapan standard tersebut serta tidak terjadi lagi kasus jemaah umrah yang gagal dan terlantar.

Biaya umrah 1.700 USD tersebut merupakan standar minimum untuk perjalanan umrah yang termasuk tiket maskapai PP, Visa umrah akomodasi selama di tanah suci dsb. Sehingga apabila ada angka/harga umrah di bawah itu maka sangat riskan untuk bisa memenuhi standar pelayanan di Tanah Suci.

Harga tiket maskapai penerbangan PP (pulang-pergi) mulai dari 1.000 USD hingga 1.300 USD, sehingga biaya umrah 1.700 USD itu sudah merupakan harga standar minimal. Apabila di bawah harga standard tersebut diragukan standar pelayanan dan banyak fasilitas yang dikurangi.

Penyebab timbulnya kasus jemaah umrah yang tidak jadi berangkat (gagal berangkat) atau terlantar itu disebabkan biayanya yang terlalu rendah, atau biro perjalanan umrah nya tidak bertanggung jawab.

Demikianlah penjelasan singkat dan padat mengenai “Standar Minimal Biaya Umrah Kemenag 2016” berdasarkan sumber dan undang-undang kemenag. Semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi anda calon jamaah umrah yang akan mendaftar umrah.

Sumber : 
http://haji.kemenag.go.id/v2/content/standar-minimal-biaya-umrah-1700-dolar

http://haji.kemenag.go.id/v2/content/rata-rata-jemaah-umrah-berangkat-perhari-195-orang