Akhir-akhir ini seringkali terjadi penipuan atau kegagalan berangkat yang menyebabkan calon jamaah terlantar dari beberapa travel umrah nakal. Hal ini menyebabkan umat muslim di Indonesia bingung dan ragu untuk memilih biro travel yang akan dipilih sebagai mitra perjalanan ibadah umrah yang aman dan terpercaya.

Perusahaan Biro penyelenggara Travel Umrah resmi yang terdaftar kemenag dan tersebar di seluruh indonesia terdapat sekitar 450an PPIU <perusahaan penyelenggara ibadah umroh>, mayoritas berada di Jakarta dan Jabodetabek.

Tidak sedikit calon jamaah yang masih terpengaruh dengan iming-iming harga daftar paket Umrah murahan dibawah standard harga umrah dan mengabaikan pengalaman calon jamaah umrah sebelumnya telah tertipu disebabkan tidak cermat dalam memilih Travel Umrah yang benar sebagai bahan pelajaran mengantisipasi penipuan umrah.

Berikut ini 5 hal tips yang harus anda perhatikan sebelum memilih biro travel umrah yang akan anda pilih sebagai rekan keberangkatan umrah anda :

Pertama, Pastikan sudah terdaftar resmi di KEMENAG dan memiliki legalitas lengkap
Tidak sedikit travel umrah yang izinnya adalah konsorsium atau menggunakan izin travel lainnya. Anda sebaiknya mengecek dahulu travel umrah yang sudah berizin resmi terdaftar pada Kemenag sehingga statusnya pun dapat kita percayai. Selain itu, legalitas lainnya yang perlu untuk diperhatikan adalah berikut ini :

• Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
• Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
• Tanda Daftar Perusahaan
• NPWP Perusahaan
• Surat Keterangan Domisili Perusahaan
• SK Menkeh. Akta Pendirian Perusahaan
• SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh – sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh
• Sertifikat Anggota Amphuri
• Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI

Kedua, Jadwal keberangkatan yang pasti
Hal selanjutnya adalah jadwal keberangkatan umrah yang pasti. Sebaiknya anda lebih teliti dan bertanya kepada pihak biro travel umrah mengenai bukti booking seat maskapai, maskapai apa yang akan digunakan, tanggal serta jam keberangkatan untuk memastikan keberangkatan anda.

Ketiga, Pastikan paket umrah dan biayanya
Pertimbangan selanjutnya adalah mengenai biaya paket umrah yang akan anda pilih. Fasilitas apa saja yang anda dapatkan dengan biaya yang anda keluarkan, apakah masuk akal/logis atau malah mendapatkan fasilitas yang minimal.

Ada beberapa biro travel umrah yang menawarkan biaya sangat murahan, yaitu sekitar 14 jutaan, sangat tidak masuk akal. Walaupun ada beberapa keberangkatan, bisa ditebak bagaimana operasional kedepannya. Anda bisa membandingkan serta memilih milih harga-harga paket umrah dari beberapa travel umrah melalui online situs internet.

Keempat, Nama hotel dan lokasinya
Mengetahui nama hotel, jarak serta lokasinya yang telah disiapkan oleh Biro penyelenggara umrah.

Kelima, VISA Umrah
Pastikan kembali visa umrohnya. Konfirmasi ke PPIU nya perihal status VISA yang akan didapat dari pemerintah Arab Saudi.

Cerdas dalam hal cara memilih travel umroh yang benar merupakan kunci suksesnya keberangkatan ibadah umrah anda.