Jalan-jalan ke Turki memang tidak semurah jalan-jalan ke negara Asia Tenggara, seperti Vietnam atau Thailand. Namun, ini tak berarti kalau Anda tak bisa pergi ke negara ini dengan budget yang minim. Awan Yulianto, penulis buku Wisata Hemat Turki: Istanbul dan Cappadocia memberikan beberapa tips untuk bisa berwisata hemat saat berada di Turki. Makanan dan minuman Saat pergi jalan ke negara orang, hal yang kita pikirkan adalah makanan dan minuman khasnya.

Di Turki, agar lebih hemat dalam memilih makanan, Anda disarankan untuk memilih menu buffet. Hal ini disebabkan karena harganya jauh lebih murah ketimbang ala carte. Selain itu, Anda bisa mencicipi semua makanan yang ada. "Buffet di Turki itu sama saja seperti warteg di Indonesia, harganya jauh lebih murah dan makanannya beragam," ujarnya. Dibandingkan dengan makan di restoran, yang menurut Awan harganya bisa mencapai 10 hingga 15 Lira atau setara dengan Rp100 ribu per piringnya. Bahkan, warga Turki sendiri, menurut Awan, lebih memilih untuk makan di Bufe itu, yang kerap dipenuhi oleh warga lokal setiap harinya. Selain itu, kalau mau lebih hemat lagi, Anda dapat memilih roti sebagai alternatif pengganti nasi. Selain murah, roti juga mudah ditemukan di seluruh penjuru Turki. "Enggak tahu kenapa ya, di setiap tempat makan pasti selalu disediakan roti. Jadi kalau Anda senang makan roti ya pilih aja roti, harganya jauh lebih murah," kata Awan.

Selain itu, saat memilih minuman, ada baiknya Anda membelinya di toko atau mini market. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di restoran. "Harganya murah banget, cuma 50 sen atau setengah lira," tuturnya. Selain murah, hal tersebut akan menguntungkan Anda, pasalnya, hotel-hotel berbintang lima di sana pun tidak menyediakan air minum botol di kamarnya. Jadi, ia menyarankan, agar selalu menyediakan air minum kemana pun kita pergi.

Lokasi wisata Sehabis kenyang menyantap makanan dan minuman di Turki, tidak puas rasanya jika tidak mengunjungi tempat-tempat pariwisata bersejarah di sana. Awan juga memiliki tips bagi Anda yang suka bepergian ke tempat-tempat seperti museum dan wilayah bersejarah lainnya. "Usahakan ikut dengan tur saja, harganya jauh lebih murah," ucap Awan. Uang yang harus dikeluarkan untuk mengikuti tur sekitar 100 hingga 150 lira, atau setara dengan Rp500 ribu. Selain murah, dengan mengikuti paket tur ini, Anda akan merasa jauh lebih puas, pasalnya, Anda akan diajak keliling tempat-tempat bersejarah selama satu hari penuh.

"Kalau saya pikir, sehari itu, Anda bisa keliling sejauh 100 kilometer," katanya. "Daripada menyewa mobil atau motor, lebih mahal harganya, belum nanti tersesat karena petunjuk jalan di sana susah dimengerti." Awan lebih lanjut menyarankan untuk berjalan kaki saja, karena menurutnya, selain bisa menghemat pengeluaran Anda, kota-kota di Turki itu sangat enak dipandang, jadi tidak ada masalah kalau jalan kaki.