Ramadhan telah tiba. Kaum muslim di seluruh dunia pun kini tengah menjalani ibadah puasa. Dan Indonesia, sebagai Negara dengan komunitas muslim terbesar di dunia telah memulainya pada Senin (6/6) lalu.

Berpuasa, bagi sebagian kalangan akan membuat badan lemas. Bahkan diantaranya kerap bermalas-malasan, karena merasa lemas. Nah, agar tidak mengalami hal tersebut, berikut ini adalah tips sehat jalani puasa Ramadhan. Di antaranya :

1. Pada saat sahur, usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

2. Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi, seperti gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian dan nasi merah.

3. Saat Ta’jil awal berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi Kurma, karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4. Bisa juga dengan mengonsumsi pisang. Buah ini sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Sebaiknya saat berbuka hindari makanan yang digoreng, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Terlebih bagi orang yang sudah usia lanjut, cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, koroner dan hipertensi.

6. Selain itu batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Sebab, hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa nantinya.

7. Sebaiknya, konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

8.Hindari terlalu banyak minum Es, karena ini akan memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.