Alhamdulillah wa syukurillah, tahun ini pun kita semua bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan berkah. Sebulan kita berpuasa tak lain karena perintah dari Allah swt. kepada kita semua. Tentu dalam perintah ini ada hikmah yang mungkin saja manusia tidak dapat memahaminya.

Mungkin di antara Sahabat Hannien ada yang pernah ditanya oleh seseorang non-muslim seperti mengapa kita menyiksa diri dengan menahan makan dan minum di siang hari yang terik, mengapa Tuhan kita menyuruh kita melakukannya, apakah Tuhan kita tidak sayang kepada kita, ataupun pertanyaan sejenisnya yang menandakan keheranan pada yang kita lakukan.

Itulah nikmat Allah swt. kepada Muslim yang menaati perintah-Nya. Nikmatnya puasa yang dilakukan karena keimanan ternyata didapat oleh Muslim saja. Mungkin ada yang diet dengan berpuasa. Namun, tentu tidak senikmat berpuasa di bulan Ramadhan ini.

Begitu pun dengan nikmatnya beribadah ke dua tanah suci. Nikmat bisa mengunjunginya hanya dirasakan oleh Sahabat-Sahabat yang merindukannya. Penghasilan, tenaga, pikiran, dan waktu kita curahkan untuk perjalanan ibadah yang jauh lagi lama. Namun, bukan rasa jera yang kita didapat. Justru kerinduan lain yang lebih kuat untuk dapat melakukan perjalanan ibadah ke tanah sucilah yang kita rasa.

Semoga Ramadhan tahun ini menjadi momen untuk memperbaiki diri sehingga Allah swt. menjawab kerinduan kita dengan mengundang ke rumah-Nya. Aamiin ya Rabbal 'aalamiin.

Akhir kata, kami mengucapkan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa".