Bagaimana Melakukan Sa’i yang benar?

Bagaimana Melakukan Sa’i yang benar?

Peminat Ibadah Umroh di Indonesia saat ini setiap tahunnya semakin banyak. Mungkin Anda saat ini juga sedang berniat umroh tentunya perlu banyak mengtahui cara berumroh yang tepat agar Anda bisa beribadah dengan lebh khusyuk dan sesuai dengan rukun dan aturan yang sudah di tetapkan untuk dilakukan.

Salah satu rukun untuk berumrah adalah Sa’i. Sudah paham betulkah Anda dengan sa’i? Bagi Anda yang sedang mengupas tuntas mengenai rukun umroh, Anda mungkin juga sudah mengenal sedikit tentang sa’i.

Sa’i ialah berjalan dari buki Safa ke bukit Marwah dan sebaliknya, sebanyak tujuh kali yang berakhir di bukit Marwah.  Perjalanan dari bukit Safa ke bukit Marwah dihitung satu kali dan juga dari bukit Marwah ke bukit Safa dihitung satu…

7 Hal yang Membuat Kita tetap Istiqamah dalam beribadah

7 Hal yang Membuat Kita tetap Istiqamah dalam beribadah

Istiqamah merupakan satu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun juga tidak menjadi hal yang sulit jika Anda memiliki niat yang kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin bagi sebagian orang istiqamah ini adalah salah satu hidayah yang diberikan oleh Allah SWT. Tetapi tidak mungkin hidayah ini datang jika Anda tidak menjemput hidayah tersebut.

Dalam melakukan ibadah dengan istiqamah tentunya membutuhkan kesabaran dan ketaatan yang ekstra. Karena akan banyak godaan yang menghampiri untuk meruntuhkan niat kita dalam istiqamah dalam beribadah.

Ada 7 hal yang bisa membantu Anda tetap istiqamah, diantaranya:

 

1.Memahami dan Mengamalkan Intisari Dua Kalimat Syahadat

Saat Anda mengucapkan dua kalimat syahadat, maka sebaiknya Anda memahami dengan baik makna kalimat yang Anda…

Sejarah Masjid Nabawi

Sejarah Masjid Nabawi

Rasalullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membangun Masjid Nabawi pada bulan Raibul Awal di awal-awal hijarahnya ke Madinah. Kala itu Masjid Nabawi sangat sederhana, kita akan sulit membayangkan keadaannya apabila melihat bangunannya yang megah saat ini. Lantai masjid adalah tanah yang berbatu, atapnya pelepah kurma, dan terdapat tiga pintu, berbeda dengan kondisi masjid yang sekarang sangat besar dan megah.

Area yang hendak dibangun Masjid Nabawi saat itu terdapat bangunan yang dimiliki oleh Bani Najjar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Bani Najjar, “Wahai Bani Najjar, berilah harga bangunan kalian ini?” Orang-orang Bani Najjar menjawab, “Tidak, demi Allah. Kami tidak akan meminta harga untuk bangunan ini kecuali hanya kepada Allah.” Bani Najjar dengan suka rela mewakafkan bangunan dan tanah mereka…

Napak Tilas Gua Hira sebagai Tempat Turunnya Wahyu Pertama

Napak Tilas Gua Hira sebagai Tempat Turunnya Wahyu Pertama

Gua Hira merupakan turunnya pertama kali wahyu yang diterima oleh Rasulullah SAW. Wahyu yang pertama kali diturunkan yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Pada saat itu Nabi Muhammad SAW dengan kondisi yang tidak bisa membaca dan menulis. Sehingga Malaikat Jibril memaksa Rasulullah untuk membaca ayat tersebut.

Lokasi Gua Hira berada di sekitar 6 km dari sebelah utara Masjidil Haram di Kota Makkah  tepatnya di Jabal Nur. Tinggi dari gunung ini sekitar 634 meter. Memang tidak begitu tinggi untuk ukuran dengan gunung-gunung yang lain, hanya saja medan menuju gua tersebut cukup berat untuk dilalui.

Menurut Mohie Eidin Al-Hashimi yang dilansir dari kabarmakkah.com, Gua Hira memiliki ruang yang cukup luas, sehingga cukup menampung enam orang.

Jika Anda ingin…

Tahukah Anda, Mengapa Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk?

Tahukah Anda, Mengapa Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk?

Bagi Anda yang sudah pernah menginjakan kaki di Tanah Suci mungkin Anda pernah menyadari adanya rasa sejuk saat Anda menyentuh lantai di Masjidil Haram.

Banyak kalangan berdebat perihal alasan di balik rasa dingin tersebut. Umumnya mereka berargumen hal itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan teknologi karena Arab Saudi dikaruniai musim panas dengan suhu yang membakar.

Dilansir dari media online tempo.co dijelaskan bahwa alasan utama dari hal tersebut dikarenakan oleh jenis marmer yang digunakan. Arab Saudi mengimpor marmer langka Thassos dari Yunani. Marmer tersebut dapat memantulkan sinar matahari dan juga mampu memadamkan suhu panas selama sepanjang hari.

Pulau Thasoss yang berada di Yunani dikenal memiliki warisan marmer sejak ribuan tahun…